3 TRUK TERJEBAK BANJIR LAHAR DINGIN MERAPI

OLEH PUSAT DATA, INFORMASI DAN HUMAS • 09 March 2013 09:42

Hujan deras di kawasan puncak Merapi pada Jumat (8/3) sore hari ini menyebabkan sebagian besar sungai yang berhulu di Merapi terjadi banjir lahar dingin. Tercatat Kali Pabelan, Blongkeng, Putih, Batang, Lamat, Krasak, dan Bebeng terjadi banjir lahar dingin. Banjir lahar dingin yang terjadi relatif tidak besar seperti yang terjadi pada 13 Februari 2013 lalu. Tinggi banjir sekitar 50-100 cm dengan lebar 20-30 meter. Banjir lahar dingin tersebut menyebabkan 3 truk terjebak di sungai Bebeng Srumbung, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Tidak ada korban dalam kejadian ini. Evakuasi terhadap truk sedang dilakukan.

Kondisi kawasan puncak Merapi masih tertutup awan gelap dan dimungkinkan terjadi hujan deras. Masyarakat dihimbau tidak melakukan aktivitas di sekitar sungai karena berbahaya dari ancaman banjir lahar dingin susulan. Saat ini masih terdapat 70 juta meter kubik material vulkanik sisa erupsi Gunung Merapi 2010 lalu yang masih mengendap di atas Merapi. Endapan material vulkanik tersebut sebagian besar menumpuk di lereng Selatan dan Barat Gunung Merapi. Jika terjadi banjir lahar dingin maka material vulkanik berupa pasir dan batu-batu besar akan meluncur ke Selatan melalui wilayah Sleman Yogyakarta dan ke Barat melalui wilayah Magelang Jawa Tengah.

BNPB dan BPPTK telah melakukan foto udara lidar dengan resolusi tinggi dan menambah peralatan sistem peringatan dini untuk mengantisipasi bahaya banjir lahar dingin. BPBD Magelang, BPBD Jawa Tengah bersama aparat lain terus melakukan pemantauan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat.

DR. Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB

  • Status Gunung Api
  • Prakiraan Cuaca
  • Link Terkait
  • Media Sosial
  • Jumlah Pengunjung