3000 JIWA LEBIH PENGUNGSI SINABUNG PULANG HARI INI

Kabanjahe (17/2).  Kesiapan masyarakat pengungsi Gunung Sinabung untuk kembali ke desanya semakin kuat untuk kembali di kehidupannya sehari-hari. Hal ini seiring rekomendasi PVMBG yang  telah menetapkan desa diluar radius 5 Km yang diperbolehkan kembali. Hari ini sebanyak 3000 jiwa lebih yang berasal dari Desa Cimbang (256  jiwa/81 KK), Ujung Payung (305 jiwa/101 KK), Sukandebi (982 jiwa/303 KK), Gungpinto (644 jiwa/173 KK) dan Kutambelin (1039 jiwa/300 KK) kembali ke desanya yang digerakkan dari 4 jambur pengungsi yang tersebar di wilayah Kabanjahe dan Berastagi.

Deputi Penanganan Darurat BNPB Ir. Tri Budiarto, Msi bersama unsur Pemkab Karo dan Perangkat Desa hadir langsung di lokasi jambur untuk melihat persiapan dan berdialog langsung dengan warga desa untuk mengetahui kebutuhan masyarakat. Penggerakan desa-desa yang dipulangkan difasilitasi oleh Posko Utama dan Satgas Nasional PB Sinabung dengan pertimbangan pemulangan desa adalah karena giat dan aktivitas perekonomian, sarana desa telah berfungsi kembali dan yang terpenting adalah warga desa diajak untuk bangkit menata kehidupannya secara bertahap setelah sekian lama berada dilokasi pengungsian. Unsur TNI, POlri dan Relawan membantu proses pemulangan dengan pengerahan kendaraan truk untuk warga desa dan logistik. 

Program sosialisasi juga terus dilakukan dengan fokus saat ini untuk desa-desa yang akan dikembalikan. 4 Desa diluar radius 5 km sesuai rekomendasikan PVMBG sedang dipersiapkan kembali adalah Tiganderket, Tj. Merawa, Kutambaru, Temberun. Program padat karya untuk pembersihan hunian dan fasilitas umum terus didorong untuk kesiapan masyarakat kembali ke desanya. (Slamry)


Pusdatinmas BNPB

Related posts