855 RUMAH TERENDAM BANJIR DI CILACAP

Hujan deras di perbukitan hulu DAS Ciberem telah menyebabkan Sungai Ciberem meluap sehingga menimbulkan banjir di daerah Cilacap, Prov Jawa Tengah pada Senin (16/12). Banjir menggenangi 6 desa yaitu Desa Sidareja, Tegalsari, Sidamulya, Margasari, Tinggarjaya dan Gunungreja Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap dengan tinggi banjir mencapai 1 meter. 55 jiwa atau 20 KK mengungsi di Aula Koramil Sidareja. Daerah ini hampir setiap musim penghujan terjadi banjir.

BPBD Kabupaten Cilacap telah melakukan penanganan darurat bencana. Masyarakat dievakuasi ke tempat evakuasi sementara. Logistik telah disalurkan kepada masyarakat seperti mie instan dan air mineral.  Dapur umum didirikan dan dilakukan koordinasi dengan SKPD Teknis (Dinsos/DKK), Unsur Wilayah/Muspika, PMI, TNI, Polri dan relawan untuk memberikan pelayanan kebutuhan dasar pengungsi. Pendataan masih dilakukan. Info lanjut hubungi Wasi Kariyadi (Kalak BPBD Cilacap) +6281228546464


Masyarakat di Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah bagian timur diminta meningkatkan kewaspadaan ancaman banjir dan longsor. Adanya pertemuan angin dari barat laut dan tenggara menyebabkan terjadi konvergensi di daerah tersebut sehingga potensi hujan tinggi. Banjir dari luapan Bengawan Solo di Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik berpotensi meningkat. Daerah lain seperti Lampung bagian selatan dan barat berpotensi hujan deras pengaruh dari tekanan rendah di Samudera Hindia sebalah barat daya Lampung.


Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts