AKTIVITAS GUNUNG SINABUNG MASIH TINGGI

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan bahwa aktivitas Gunungapi Sinabung masih tinggi. Hal tersebut menjadikan status gunung masih dalam kondisi ‘AWAS’ (Level IV). Pada kondisi ini, masyarakat yang tinggal pada radius lima km harus dievakuasi. Perkembangan pada pukul 00.00 hingga 12.00 waktu setempat, tanggal 28 November 2013, terlihat hembusan abu vulkanik yang berwarna sedikit kemerah-merahan. Ini dijelaskan dari PVMBG bahwa warna tersebut dipengaruhi oleh density abu dan refleksi dari sinar matahari.

Dilaporkan juga bahwa belum ada aktivitas letusan dan hanya hembusan asap dengan ketinggian 200–300 meter. Namun demikian, aktivitas gunung masih dinilai tinggi dan masyarakat harus terus waspada terhadap aktivitas tersebut.

Dampak dari aktivitas yang masih tinggi ini, masyarakat pada radius lima km telah diungsikan oleh pemerintah daerah setempat yang dibantu oleh BNPB dan unsur-unsur terkait. Total pengungsi per tanggal 28 November 2013 berjumlah 17.148 jiwa atau 5.770 KK. Para pengungsi ini tersebar di pos penampungan yang tersebar di 31 titik. Pos penampungan Losd Tiga Binanga memiliki jumlah pengungsi terbanyak 2.403 jiwa (882 KK). Mereka yang mengungsi berasal dari Desa Mardinding dan Tigannderket, Kecamatan Tiganderket.

Kondisi logistik pangan masih cukup. Sementara itu, kebutuhan yang masih mendesak adalah ketersediaan sanitasi yang memadai seperti MCK, suplai air bersih, tempat-tempat pembuangan sampah. Untuk mendapatkan permintaan atau masukan dari setiap pos penampungan, rapat koordinasi secara rutin dilakukan pada pukul 14.00 di Pos Komando Utama Kabanjahe, Kabupaten Karo.

 

Related posts