Banjir dan Puting Beliung Dominan Hingga Pekan ke-3

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa bencana hidrometeorologi seperti banjir dan puting beliung dominan hingga pekan ke-3 bulan Januari 2016. Pusat Data, Informasi  dan Humas merekap kejadian bencana sejumlah 49 kejadian. Dua bencana di atas (banjir dan puting beliung) sangat dominan dibandingkan bencana lain seperti gempabumi, kebakaran hutan dan lahan, letusan gunungapi dan tanah longsor.

Meskipun dominan, dua jenis bencana tersebut tidak menimbulkan korban jiwa meninggal. Namun tercatat, lebih dari 48.000 jiwa terdampak (menderita dan mengungsi) akibat banjir. Dilihat dari sisi kerugian, kedua bencana ini mengakibatkan lebih dari 6.000 unit rumah terendam. Sementara itu, kerusakan  rumah dengan kategori berat terdampak bencana puting beliung, yaitu 46 unit, sedangkan rusak ringan 105 unit.  Hingga pekan ke-3, kerusakan rumah terbesar disebabkan gempabumi, hingga mencapai lebih 180 unit rusak berat.

Kejadian bencana alam hingga pertengahan Januari ini mengakibatkan lebih dari 49.000 jiwa terdampak dan kerusakan rumah mencapai lebih dari 450 unit. Sementara itu untuk fasilitas umum berupa fasilitas pendidikan terhitung 3 unit mengalami kerusakan. 

Berdasarkan pantauan bersumber dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), BNPB mencatat satu gunungapi berstatus ‘Awas’ yaitu Sinabung di Sumatera Utara, dan lima berstatus ‘Siaga’, yaitu Egon, Soputan, Bromo, Karangetang dan Lokon.(PHI)


Related posts