BELUM ADA KORBAN DARI GEMPA 7,2 SR DI PAPUA

Posko BNPB terus melakukan analisis dan koordinasi dengan BPBD Papua terkait gempa 7,2 SR, pada Sabtu 06-Apr-13 11:42:35 WIB, Lokasi: 56 km TimurLaut TOLIKARA-PAPUA atau 92 km Timurlaut Lanny Jaya, Papua. Pusat gempa di darat pada kedalaman 173 Km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.  Berdasarkan laporan sementara dari BPBD Papua sebagai berikut:
(1) Pusat gempa terletak di distrik TAYESE; belum ada laporan adanya korban dan kerusakan; (2) Kota KARUBAGA sbg ibukota kab TOLIKARA; masyarakat merasakan gempa; tapi tidak ada korban jiwa dan kerusakan. Rumah penduduk sebagian besar setengah tembok dan setengah papan; (3) gempa juga dirasakan di yapen - jayapura - timika; sementara tidak ada korban dan kerusakan di daerah tersebut; (4) BPBD Papua sedang menunggu laporan dari Mamberamo; (5) Saat ini bpbd papua terus berkoordinasi dng instansi terkait.

Kepala BNPB telah melaporkan kepada Presiden dan Wakil Presiden terkait kejadian gempa di Tolikara, Papua.

Berdasarkan analisis peta guncangan gempa (shakemap) maka guncangan gempa dirasakan dengan skala: VI MMI (kuat) di Tolikara, V MMI (sedang) di Mulia), IV MMI (ringan) di Tanah Merah, Sentani, Wamena, Jayapura dan III-IV di Sarmi. Di daerah Tolikara dan sekitarnya memang bahaya tinggi gempabumi. Kejadian gempa pernah terjadi di sekitar tempat tersebut yaitu tahun 1926 (7,9 sr) dan 1971 (8,1 sr).

Update perkembangan gempa 7.2 SR akan dilaporkan terus jika ada yang baru. BNPB dan BPBD Papua terus melakukan pemantauan dan pendataan.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts