Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

1 TEWAS, 8 LUKA-LUKA, DAN 391 RUMAH RUSAK DITERJANG PUTING BELIUNG DI JEMBER

Dilihat 724 kali
1 TEWAS, 8 LUKA-LUKA, DAN 391 RUMAH RUSAK DITERJANG PUTING BELIUNG DI JEMBER

Foto : 1 TEWAS, 8 LUKA-LUKA, DAN 391 RUMAH RUSAK DITERJANG PUTING BELIUNG DI JEMBER ()

Bencana puting beliung kembali terjadi di 3 kecamatan yaitu Kec Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang di Kab Jember Jatim pada Jumat (29/3/2013) pukul 14.30 Wib. Awan gelap kemudian terjadi hujan lebat diikuti angin kencang menumbangkan banyak pohon dan merusak ratusan rumah.

Satu orang meninggal dunia a.n Ika (25 th, P) warga Kel Kebonsari, Kec Kaliwates tertimpa pohon tumbang dan bangunan rumah. 8 orang luka-luka, dimana 6 orang luka ringan dan 2 orang luka sedang. Korban langsung dirujuk ke Puskesmas dan saat ini sudah pulang ke rumah. Total 391 rumah rusak akibat terjangan puting beliung, yaitu 19 rumah rusak berat, 135 rumah rusak sedang, dan 237 rumah rusak ringan.


Dari 391 rumah rusak tersebut, di Kecamatan Kaliwates, 27 rumah rusak ringan, 11 rumah rusak sedang, 8 rumah rusak berat. Di Kecamatan Patrang, 72 rumah rusak ringan, 103 rumah rusak sedang, dan 8 rumah rusak berat. Sedangkan di Kecamatan Sumbersari, 138 rumah rusak ringan, 21 rumah rusak sedang, dan 3 rumah rusak berat. Dua mushola dan masjid di Kaliwates juga mengalami kerusakan ringan.


Sebanyak 400 personil dari BPBD Jember, TNI, Polri, relawan dan masyarakat bergotong royong membantu masyarakat terkena bencana. Pohon-pohon tumbang dan puing-puing dibersihkan. BPBD Jember sudah membagikan 400 paket sembako. Masyarakat yang rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah kerabatnya. Untuk pembersihan diperlukan waktu sekitar 2-3 hari.


Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada. Terlebih saat ini memasuki musim peralihan dari penghujan ke kemarau yang sering ditandai dengan puting beliung dan hujan berintensitas tinggi dalam durasi pendek. Jember sudah beberapa kali diterjang puting beliung. Tahun 2012 puting beliung adalah jenis bencana paling banyak di Indonesia.


Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN