Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

82 Rumah Alami Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung di Kabupaten Musi Rawas

Dilihat 512 kali
82 Rumah Alami Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung di Kabupaten Musi Rawas

Foto : Atap rumah warga di Kabupaten Musi Rawas yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang pada Kamis (28/4). (BPBD Provinsi Sumatra Selatan)


JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatra Selatan melaporkan angin puting beliung disertai dengan hujan intensitas tinggi menerjang Kabupaten Musi Rawas pada Kamis (28/4), pukul 15.30 waktu setempat. Kejadian itu berdampak pada delapan puluh dua rumah warga yang mengalami kerusakan dengan tingkat berbeda. 

Sebanyak 23 rumah rusak berat dan 59 unit lainnya rusak ringan. Rumah-rumah tersebut pada umumnya berada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Muara Beliti dan Kecamatan Tuah Negeri. Selain rumah, 1 unit fasilitas kesehatan dan 6 unit perkantoran juga mengalami kerusakan.

Dari laporan visual, terlihat beberapa atap rumah juga perkantoran terlepas dan terjatuh. Beberapa pohon juga dilaporkan tumbang diterjang angin kencang.

Pascakejadian, BPBD Provinsi Sumatra Selatan bersama Camat Muara Beliti, Camat Tuah Negeri, Polres Musi Rawas serta Pemerintah setempat melakukan pendataan dampak yang ditimbulkan dari bencana hidrometeorologi tersebut. Pihaknya juga segera membersihkan puing-puing akibat angin puting beliung.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Provinsi Sumatra Selatan, hingga esok hari Sabtu (30/4) berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Menyikapi prakiraan tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah khususnya BPBD untuk memantau secara berkala informasi dan peringatan dini cuaca serta meneruskannya kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat diimbau untuk menghindari pohon, tiang, dan benda berpotensi tumbang lainnya bila terjadi hujan disertai angin kencang.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 


Penulis

Admin


BAGIKAN