Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Banjir Kabupaten Banyuasin Berangsur Surut

Dilihat 575 kali
Banjir Kabupaten Banyuasin Berangsur Surut

Foto : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin mengerahkan dua unit perahu fiber. Perahu tersebur dikerahkan BPBD untuk mengevakuasi warga yang terdampak ke tempat yang lebih aman. (BPBD Kabupaten Banyuasin)


JAKARTA - Banjir yang menerjang empat kelurahan di Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan, berangsur surut sore ini, Jumat (5/8). Banjir dilaporkan terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut. 

Adapun empat kelurahan tersebut adalah Kelurahan Seterio, Kelurahan Mulia Agung, Kelurahan Kedodong Raye, dan Kelurahan Pangkalan Balai. 

Badan Penanggulangan Benvana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin mencatat 340 jiwa terdampak banjir yang merendam dengan ketinggian berkisar antara 30 hingga 150 sentimeter. 

Sebagai langkah penanganan darurat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin mengerahkan dua unit perahu fiber. Perahu tersebur dikerahkan BPBD untuk mengevakuasi warga yang terdampak ke tempat yang lebih aman. 

Meskipun demikian, menurut laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, hingga Jumat (5/8) sore tidak ada warga yang mengungsi. 

Prakiraan cuaca BMKG menyebutkan, Kabupaten Banyuasin berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang pada satu minggu ke depan. 

Menyikapi hal tersebut, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga. 

Warga yang bermukim di sepanjang aliran sungai dan daerah sekitar lereng tebing agar mewaspadai dan berinisiatif untuk evakuasi mandiri jika terjadi hujan lebat yang membatasi jarak pandang kurang dari 50 m, dengan durasi lebih dari satu jam. 



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 

Penulis

Admin


BAGIKAN