Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Banjir Kecamatan Bintan Timur Berangsur Surut

Dilihat 5535 kali
Banjir Kecamatan Bintan Timur Berangsur Surut

Foto : Banjir yang melanda beberapa kelurahan di Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, berangsur surut pagi ini, Kamis (4/8). (BPBD Kabupaten Bintan)


JAKARTA – Banjir yang melanda beberapa kelurahan di Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, berangsur surut pagi ini, Kamis (4/8). Genangan sempat berada pada ketinggian 100 cm sehingga sejumlah warga mengungsi ke tempat aman.

Data terakhir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan mencatat 160 KK atau 350 jiwa mengungsi. Saat banjir terjadi, petugas gabungan mengevakuasi warga menuju pos penampungan. Selanjutnya, petugas BPBD memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak baik yang berada di pengungsian maupun yang bertahan di rumah masing-masing. 

Untuk mendukung logistik permakanan warga yang mengungsi, Dinas Sosial Kabupaten Bintan yang dibantu warga mengoperasikan dapur umum. Sedangkan petugas dari dinas kesehatan memastikan warga dalam kondisi sehat.  

Di samping itu, BPBD berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan terdampak untuk mengoptimalkan upaya tanggap darurat. Asesmen dampak banjir dilakukan petugas BPBD di sejumlah kelurahan, yaitu Kelurahan Kinang Kota, Sei Lekop dan Sei Enam. 

Selain banjir, longsor juga terjadi di wilayah kabupaten Bintan. Tanah longsor yang dipicu oleh derasnya hujan mengakibatkan 1 warga mengalami luka ringan. 

BPBD Kabupaten Bintan menyebutkan kejadian banjir dan longsor berdampak pada 476 KK, kerugian material tercatat rumah terdampak 476 unit dan rumah rusak sedang 1 unit. 

Kejadian banjir dan longsor terjadi setelah hujan lebat disertai angin kencang terjadi di wilayah Kecamatan Bintan Timur pada Selasa lalu (2/8), sekitar pukul 13.30 WIB.  

Pusat Pengendalian Operasi BNPB menyebutkan unsur pemerintah daerah yang terlibat dalam penanganan darurat berasal dari BPBD kabupaten, Polsek Bintan Timur, Koramil, dinas sosial, puskesmas, aparat desa maupun kecamatan. Di samping itu, relawan yang tergabung dalam Tagana turut mendukung operasi di lapangan. 

Meskipun pada hari ini berangsur surut, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga. Prakiraan cuaca pada hari ini, Kamis (4/8), wilayah Bintan Timur masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, sedangkan esok hari hujan ringan. 

Upaya kesiapsiagaan, khususnya di tengah pandemi Covid-19, perlu menjadi perhatian semua pihak. Pemerintah daerah dapat menyiapkan tempat evakuasi sementara dengan mengutamakan protokol kesehatan (prokes). Di sisi lain, warga turut menyiapkan tas siaga bencana yang mendukung prokes, seperti masker yang terlindungi dari potensi basah, dan hand-sanitizer. 

Selain itu, warga di sepanjang aliran sungai dan  daerah sekitar lereng tebing agar mewaspadai dan berinisiatif untuk evakuasi mandiri jika terjadi hujan lebat yang membatasi jarak pandang kurang dari 50 m, dengan durasi lebih dari satu jam.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 

Penulis

Admin


BAGIKAN