Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Banjir Masih Ganggu Aktivitas Warga Kota Samarinda

Dilihat 3054 kali
Banjir Masih Ganggu Aktivitas Warga Kota Samarinda

Foto : Banjir yang terjadi sejak Rabu lalu (14/9) masih mengganggu aktivitas Warga Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur hingga hari Jumat (16/9). BPBD setempat melaporkan pada hari itu, pukul 10.00 WITA, banjir masih menggenangi beberapa titik. (BPBD Kota Samarinda)


JAKARTA – Banjir yang terjadi sejak Rabu lalu (14/9) masih mengganggu aktivitas Warga Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur hingga hari Jumat (16/9). BPBD setempat melaporkan pada hari itu, pukul 10.00 WITA, banjir masih menggenangi beberapa titik. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda melaporkan selain terganggunya aktivitas warga, banjir juga menghambat akses jalan utama. Petugas BPBD menginformasikan jalan tersebut putus. Di samping itu, banjir juga memicu terjadinya longsor di Kecamatan Sungai Pinang. Saat ini petugas gabungan yang dipimpin BPBD telah berada di lokasi dengan dukungan alat berat. 

Sejumlah kecamatan terdampak banjir sejak pukul 03.00 WITA, pada Rabu lalu (14/9). Wilayah terdampak antara lain di Kecamatan Sambutan (Kelurahan Pulau Atas), Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ulu (Kelurahan Sidodadi, Jawa, Dadi Mulya), Kecamatan Samarinda Ilir (Kelurahan Sidodamai, Samarinda Kota, Mugerejo dan Lempake). 

BPBD setempat melaporkan hingga Jumat kemarin, sebanyak 19 KK (38 jiwa) terdampak. Selain itu, 1 warga luka ringan dan satu lainnya meninggal dunia. Sementara itu, sebanyak 19 rumah dan 1 bangunan untuk usaha penginapan terdampak. Saat peristiwa terjadi, tinggi muka air berkisar antara 20 hingga 60 cm. 

Menyikapi kondisi tersebut, BPBD Kota Samarinda telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk pendataan dan penanganan darurat.

Berdasarkan pantauan prakiraan cuaca dalam dua hari ini (17-18 September 2022), Kecamatan terdampak berpeluang cerah hingga cerah berawan. Namun demikian, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi hujan sepanjang musim hujan ini. Sedangkan analisis inaRISK di Kota Samarinda, sebanyak 10 kecamatan berada pada potensi bahaya dengan kategori sedang hingga tinggi untuk bahaya banjir. Sejumlah kecamatan tersebut termasuk wilayah-wilayah yang saat ini terdampak banjir. 

Kesiapsiagaan berbasis keluarga dan masyarakat harus diaktifkan untuk mengantisipasi bahaya banjir di waktu yang akan datang, misalnya penyiapan tempat dan jalur evakuasi, latihan evakuasi secara mandiri, atau pun koordinasi dengan pihak terkait untuk mengoptimalkan peringatan dini kepada warga setempat. 



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB


Penulis

Admin


BAGIKAN