Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Banjir Melanda Desa Dawuan Tengah di Wilayah Karawang Surut

Dilihat 385 kali
Banjir Melanda Desa Dawuan Tengah di Wilayah Karawang Surut

Foto : Upaya penanganan banjir oleh BPBD Kabupaten Karawang. (BPBD Kabupaten Karawang)


JAKARTA – Banjir yang melanda Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Kawarang, Provinsi Jawa Barat, berangsur surut. Kondisi ini terpantau BPBD pada Sabtu pagi (27/11), sekitar pukul 05.50 waktu setempat. Cuaca cerah berawan di atas wilayah terdampak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang menginformasikan banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur sehingga debit air Sungai Cikaranggelam meluap. Banjir dengan tinggi muka air sekitar 50 cm berlangsung pada Jumat petang (26/11), pukul 18.30 WIB. Tidak ada laporan korban jiwa akibat kejadian ini. 

Menurut laporan BPBD, sebanyak 270 KK atau 810 jiwa di Desa Dawuan Tengah terdampak banjir tersebut. Saat insiden ini terjadi, BPBD membantu 40 warga mengungsi ke masjid setempat. Di samping itu, sebanyak 140 unit rumah dilaporkan terendam genangan banjir. 

Dalam upaya penanganan darurat, BPBD bersama TNI, Polri, relawan dan aparat desa membantu pelayanan warga yang mengungsi. Personel gabungan jugan bersiaga untuk mengevakuasi warga yang membutuhkan pertolongan.

Meskipun pagi ini tampak cerah berawan, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir ke depan. Hal tersebut berdasarkan prakiraan cuaca kecamatan dari BMKG yang menyebutkan Kecamatan Cikampek masih berpeluang hujan ringan, sedang hingga hujan petir pada hari ini, Sabtu (27/11), sedangkan esok (28/11), kecamatan ini berpeluang hujan ringan hingga sedang. 


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN