Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB dan BPBD Kota Bekasi Sosialisasikan Program Kelurahan Tangguh Bencana

Dilihat 707 kali
BNPB dan BPBD Kota Bekasi Sosialisasikan Program Kelurahan Tangguh Bencana

Foto : Sosialisasi di Gedung Graha Girsang Lestari Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jatirasa dan Aula Global Persada Mandiri, Kelurahan Bekasi Jaya. Peserta sosialisasi ini terdiri dari 30 orang yang berasal dari perwakilan Rukun Warga yang ada di kelurahan Jatirasa dan Bekasi Jaya. (Pusdiklat BNPB)

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi bekerja sama dengan BNPB menyelenggarakan sosialisasi pembentukan Tim Siaga Bencana dalam rangka mewujudkan Kelurahan Tangguh Bencana di 7 kelurahan di kota Bekasi. Sosialisasi ini telah diadakan di 2 kelurahan yakni kelurahan Jatirasa yang terdiri dari 15 Rukun Warga (RW) dan kelurahan Bekasi Jaya yang terdiri dari 16 RW. Menyusul akan dilaksanakan di 5 kelurahan lainnya di kota Bekasi. 

Sosialisasi ini diadakan pada hari Senin, (19/2) di Gedung Graha Girsang Lestari Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jatirasa dan pada Selasa, (20/2) di Aula Global Persada Mandiri, Kelurahan Bekasi Jaya. Peserta sosialisasi ini terdiri dari 30 orang yang berasal dari perwakilan Rukun Warga yang ada di kelurahan Jatirasa dan Bekasi Jaya.

Kepala BPBD Kota Bekasi Enung  Nurholis, S.I.P, M.SI mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk membentuk masyarakat yang tangguh bencana di setiap kelurahan di Kota Bekasi, karena untuk mencegah bencana bukan hanya tugas pemerintah ataupun BPBD tetapi tugas setiap masyarakat.

Kelurahan Jatirasa merupakan kelurahan pertama yang menerima sosialisasi pencegahan dan mitigasi terhadap bencana di Kota Bekasi sekaligus pembentukan tim tangguh bencana, kemudian kegiatan ini dilakukan juga di Kelurahan Bekasi Jaya keesokan harinya.

Dalam mendukung terwujudnya kelurahan tangguh bencana, BPBD Kota Bekasi menyerahkan masing - masing 1 buah perahu karet kepada Kelurahan Jatirasa yang diterima oleh Kepala Lurah dan Kelurahan Bekasi Jaya yang diterima oleh perwakilan Kepala Lurah.

Roswanto, S.E, M.M sebagai narasumber dari Pusdiklat BNPB menyampaikan materi sosialisasi, membangun ketangguhan masyarakat berbasis komunitas yang saat ini gencar disosialisasikan BNPB. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pendataan RW yang terdampak bencana serta sumber daya dalam menghadapi bencana yang dimiliki  Kelurahan Jatirasa dan Bekasi Jaya. 

Harapan dari diadakannya sosialisasi pembentukan kelurahan tangguh bencana ini adalah masyarakat di setiap Kelurahan Kota Bekasi dapat siap dan tanggap dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kota Bekasi. Harapannya, Forum relawan pengurangan risiko bencana juga dapat diikutsertakan dalam sosialisasi tangguh bencana agar pembelajaran yang sudah didapatkan dapat disampaikan kembali kepada masyarakat.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN