Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Dapatkan Penghargaan Indeks Maturitas Tata Kelola SPK

Dilihat 437 kali
BNPB Dapatkan Penghargaan Indeks Maturitas Tata Kelola SPK

Foto : BNPB melalui Direktorat Sistem Penanggulangan Bencana mendapatkan penghargaan Indeks Maturitas Tata Kelola Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada Peringatan Bulan Mutu Nasional Tahun 2023 yang dilaksanakan di Jakarta pada hari Rabu (15/11). (Direktorat Sistem Penanggulangan Bencana BNPB)

JAKARTA - BNPB melalui Direktorat Sistem Penanggulangan Bencana mendapatkan penghargaan Indeks Maturitas Tata Kelola Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada Peringatan Bulan Mutu Nasional Tahun 2023 yang dilaksanakan di Jakarta pada hari Rabu (15/11).

Direktorat Sistem Penanggulangan Bencana BNPB mendapatkan penghargaan level 3 dengan mendapatkan nilai 2,2 yang berarti telah berhasil mencapai perencanaan dan pelaksanaan tata kelola SPK. Penghargaan diserahkan oleh Kepala BSN, Drs. Kukuh S. Achmad, M.Sc. kepada Joko Sri Wismoko, S.E., M.Si. yang mewakili Direktur Sistem Penanggulangan Bencana.

Adapun elemen penilaian meliputi Pengembangan Standar terdiri dari kebijakan pengembangan standar dan proses pengembangan standar. Kemudian Penerapan Standar terdiri dari kebijakan penerapan standar, penerapan SNI sukarela , dan penerapan SNI wajib.

Selanjutnya Penilaian Kesesuaian dan Ketertelusuran Pengukuran meliputi kebijakan PK dan ketertelusuran pengukuran, penggunaan LPK yang terakreditasi, dan pengembangan LPK, saling pengakuan/MRA, ketertelusuran pengukuran. Terakhir Pembelajaran dan Pertumbuhan mencakup sumber daya manusia SPK, organisasi SPK, dan sistem informasi SPK.

Penilaian ini merupakan hasil verifikasi yang dilaksanakan oleh BSN pada Bulan Agustus 2023 lalu kepada Direktorat Sistem Penanggulangan Bencana sebagai Sekretariat Komite Teknis 13-08 Penanggulangan Bencana.

Peringatan Bulan Mutu Nasional Tahun 2023 ini mengusung tema Standardisasi untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan. Bulan Mutu Nasional merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan setiap Bulan Oktober dan November. Rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional 2023 dilaksanakan pada tanggal 15-16 November 2023. Pembukaan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2023 dihadiri oleh kurang lebih dua ribu peserta dari berbagai kementerian/lembaga, swasta, pelaku usaha, asosiasi, dan akademisi seluruh Indonesia.


Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 


Penulis

Admin


BAGIKAN