Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Gelar Bimtek Penanggulangan Bencana bersama Gerakan Pramuka Saka Bhayangkara

Dilihat 627 kali
BNPB Gelar Bimtek Penanggulangan Bencana bersama Gerakan Pramuka Saka Bhayangkara

Foto : Bimbingan Teknis Penanggulangan Bencana yang digelar oleh BNPB dan Gerakan Pramuka Saka Bhayangkara pada 18 hingga 19 November 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. (Kedeputian Bidang Pencegahan BNPB/Tasril Mulyadi)



Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. Sejalan dengan komitmen tersebut, BNPB bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Saka Bhayangkara meningkatkan pemahaman dan keterampilan para siswa tingkat SMA se-derajat di wilayah Jakarta Timur dalam bidang penanggulangan bencana melalui kegiatan Bimbingan Teknis Penanggulangan Bencana pada 18 hingga 19 November 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. 

Kedeputian Bidang Pencegahan BNPB dalam hal ini melalui Direktorat Kesiapsiagaan dan Direktorat Mitigasi Bencana BNPB memberikan materi terkait dengan manajemen kebencanaan dan pengenalan konsep Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) kepada lebih dari 127 peserta yang merupakan perwakilan Pramuka Penegak.

Direktur Kesiapsiagaan BNPB Drs. Pangarso Suryotomo memberian pesan dan arahan untuk tetap meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, tidak hanya di sekolah namun juga kepada masyarakat sekitar.

“Diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dan kemampuan praktis, khsusunya bagi Pramuka Saka Bhayangkara dalam menghadapi ancaman bencana, terlebih kita akan memasuki musim penghujan”, tutur Pangarso.

Pangarso menyampaikan bahwa BNPB memandang pentingnya peran Pramuka dalam meningkatan ketahanan bencana di tingkat lokal.

“Dengan adanya program ini, diharapkan anggota Gerakan Pramuka Saka Bhayangkara akan menjadi agen perubahan positif dalam penanggulangan bencana di komunitas mereka masing-masing," lanjut Pangarso.

Selama dua hari, peserta mendapatkan sosialisasi penanggulangan bencana, konsep Satuan Pendidikan Aman Bencana, simulasi evakuasi mandiri, kerelawanan, penyuluhan HIV/AIDS, pencegahan perundungan, pengeloaan sampah, keterampilan praktik water rescue dan pengelolaan manajemen dapur umum.

Kegiatan ini didukung oleh Polres Jakarta Timur dan turut dihadiri Kepala Kantor SAR DKI Jakarta, Pimpinan Kwarcab Gerakan Pramuka Jakarta Timur, Tagana DKI Jakarta, Human Initiative, DMC Dompet Dhuafa, Yayasan Pita Merah, Sahabat Uncle T BOB dan Squad Penanggulangan Bencana Indonesia. 

Satuan Karya Pramuka Bhayangkara atau disingkat Saka Bhayangkara merupakan salah satu dari Satuan Karya Pramuka yang berlaku secara Nasional. Saka Bhayangkara adalah wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang Kebhayangkaraan yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, dan lingkungan sekaligus menjadi wadah pendidikan dan pelatihan di bidang keamanan serta ketertiban masyarakat atau kambtimas.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 


Penulis

Admin


BAGIKAN