Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

INDOGREEN FORESTRY EXPO 2013 MENCIPTAKAN GENERASI PEDULI HUTAN DEMI MELAWAN BENCANA

Dilihat 711 kali
INDOGREEN FORESTRY EXPO 2013 MENCIPTAKAN GENERASI PEDULI HUTAN DEMI MELAWAN BENCANA

Foto : INDOGREEN FORESTRY EXPO 2013 MENCIPTAKAN GENERASI PEDULI HUTAN DEMI MELAWAN BENCANA ()

Pameran yang diselenggarakan oleh Kementerian Kehutanan di Jakarta Convention Center dan dibuka secara resmi oleh  menteri  kehutanan pada hari Kamis (4/4) dan akan berlangsung sampai Minggu (7/4), diikuti oleh berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun swasta. Dalam kesempatan ini menteri kehutanan menegaskan tentang pentingnya keberlangsungan hutan di Indonesia dan dampak yang ditimbulkan apabila hutan semakin berkurang.
Pada acara ini juga dibagikan tanaman kepada peserta dan pengunjung pameran, dengan harapan agar dapat ditanam di pekarangan atau kebun masing-masing. Selesai melakukan kunjungan ke stan-stan pameran, bapak menteri melanjutkan dialog dengan murid sekolah dasar mengenai fungsi hutan. Dalam penjelasannya, beliau mengatakan bahwa keberadaan hutan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia terutama untuk menyediakan udara segar dan mencegah terjadinya bencana.
Tidak dapat dipungkiri bahwa banyaknya bencana banjir maupun tanah longsor sedikit banyak dipengaruhi oleh kerusakan hutan di Indonesia. Kerusakan ini disebabkan oleh banyaknya pencurian kayu yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kerusakan hutan menyebabkan daya serap tanah menjadi berkurang sehingga air langsung menuju ke tempat yang lebih rendah tanpa bisa diserap oleh tanah.
Banyaknya pengunjung dari kalangan siswa-siswa sekolah dasar sampai tingkat atas bertujuan untuk mengenalkan tentang hutan sejak dini. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai pemangku amanah penyelenggara penanggulangan bencana di Indonesia turut serta dalam pameran ini. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pengunjung mengenai kebencanaan. Sebagai peserta pameran BNPB mendukung secara penuh adanya upaya Kementerian Kehutanan untuk menyadarkan generasi sekarang dan yang akan datang tentang pentingnya menjaga hutan. Banjir dan tanah longsor yang terjadi diharapkan akan berkurang intensitasnya di tahun-tahun mendatang dengan adanya peremajaan kembali hutan di Indonesia.