Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

INFO BENCANA EDISI DESEMBER 2013, TERBIT!

Dilihat 970 kali
INFO BENCANA EDISI DESEMBER 2013, TERBIT!

Foto : INFO BENCANA EDISI DESEMBER 2013, TERBIT! ()

JAKARTA (9/1). Sepanjang tahun 2013, jumlah kejadian bencana yang terjadi di Indonesia sebanyak 1.387 kejadian. Data tersebut adalah menurut pencatatan BNPB serta belum diverifikasi oleh Kementerian/Lembaga terkait dan Pemerintah Daerah.
Pada bulan Desember 2013 tercatat 147 bencana terjadi di Indonesia, sebagian besar diantaranya terjadi di Pulau Ja­wa. Hampir semua bencana merupakan bencana hidrometeorologi. Bencana banjir mencapai 85 kejadian, menyebar di 21 provinsi. Banjir di bulan ini menyebabkan 29 jiwa meninggal dan hilang, 16 jiwa luka-luka serta 136 ribu lebih warga terdampak dan mengungsi. Selain itu, banjir juga menyebabkan lebih dari 35 ribu unit rumah terendam, 197 rumah rusak berat, 1.648 rumah rusak sedang, dan 1.917 rumah rusak ringan.
Bencana lain yang banyak terjadi dan tetap perlu diwaspadai selama musim penghujan ini adalah tanah longsor dan puting beliung. Pada Desember tercatat terjadi 32 kejadian tanah longsor dan 15 kejadian puting beliung. Puncak potensi banjir dan tanah longsor di Indonesia diperkirakan berlangsung pada Januari hingga Februari. Masyarakat diminta selalu waspada dan mempersiapkan diri dan lingkungan dalam menghadapi kemungkinan tersebut. Peran aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu langkah kecil yang dapat membantu mengurangi potensi bencana banjir tersebut.
Selain banjir, bencana hidrometeorologi lainnya adalah tanah longsor (32 kejadian), puting beliung (15 kejadian), dan banjir yang disertai tanah longsor (11 kejadian). Bencana lainnya adalah kecelakaan transportasi sebanyak 2 kali, yaitu kecelakaan kapal pengangkut imigran di perairan Garut dan jatuhnya heli­kopter milik RS. Efarina Etaham di Karo; gempabumi 1 kali di Sukabumi, Jawa Barat dengan kekuatan 4,5 SR dan kedalaman 5 km; dan erupsi Gunung Sinabung yang sudah berlangsung sejak bulan November 2013.
Data lengkap mengenai kejadian bencana selama Desember 2013 dapat diunduh di link berikut: http://bnpb.go.id/uploads/pubs/591.pdf 
Penulis

Admin


BAGIKAN