Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Kepala BNPB Pastikan Kesiapan Penyelenggaraan GPDRR 2022 di Bali

Dilihat 9 kali
BAGIKAN
Kepala BNPB Pastikan Kesiapan Penyelenggaraan GPDRR 2022 di Bali

Foto : Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (dua dari kanan) didampingi Deputi Bidang Sistem dan Strategi Raditya Jati mendengarkan penjelasan dari panitia venue penyelenggaraan GPDRR ke-7 di Nusa Dua, Bali. (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Dume Sinaga)




DENPASAR - Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 yang akan dihelat pada Mei Tahun 2022 mendatang di Nusa Dua, Provinsi Bali, pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama kementerian dan lembaga terkait terus melakukan persiapan dan koordinasi untuk kesuksesan forum dua tahunan tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meninjau langsung kesiapan lokasi pada Rabu (12/1). Antisipasi potensi penularan COVID-19 selama kegiatan menjadi perhatian utama pada peninjauan kesiapan penyelenggaraan GPDRR yang direncanakan berlangsung pada 23 hingga 28 Mei 2022 ini.

Seluruh peserta yang hadir wajib membawa surat keterangan negatif hasil tes COVID-19. Panitia juga akan menyediakan fasilitas antigen di lokasi penyelenggaraan. Apabila ada peserta yang menunjukan hasil positif, maka akan segera dirujuk ke rumah sakit.

Selain itu, peserta juga wajib melakukan check-in pada aplikasi peduli lindungi setiap kali memasuki tempat penyelenggaraan.

Rencana kontinjensi  terkait kesiapsiagaan bencana juga telah disiapkan. Sebelumnya, BNPB telah menggelar Gladi Ruang Penanganan Bencana sebagai bentuk kesiapsiagaan sebelum acara GPDRR berlangsung. 

Penyelenggaraan GPDRR 2022 juga dipastikan akan ramah disabilitas.

Pada peninjauan tersebut, selain Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati, Kepala BNPB juga didampingi berbagai pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan GPDRR ke-7 diantaranya BPBD dan dinas terkait di Provinsi Bali, Polda Bali, pengelola ITDC dan BNDCC sebagai tempat penyelenggaraan acara.

GPDRR merupakan forum yang dihadirkan bagi para pemangku kepentingan dan penggiat kebencanaan, khususnya pada isu PRB. Adapun tema yang akan dibahas meliputi Disaster Risk Governance, Covid-19 Recovery, DRR Financing, tak lupa isu lainnya seperti Sendai Framework Stocktaking, Leave No One Behind, SDGS and Climate Action

Pertemuan GPDRR 2022 diharapkan dapat memberikan pembelajaran dan praktik baik pengurangan risiko bencana dari negara lain dalam rangkaian kegiatan side event, innovation platform, ignite stage, learning labs, field visit, dan sasakawa award. 

Informasi terkait dengan penyelenggaraan GPDRR 2022 dapat dilihat pada laman berikut: https://globalplatform.undrr.org/


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 



Admin

Penulis