Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

NABIRE DIGUNCANG GEMPA 5,5 SR

Dilihat 290 kali
BAGIKAN
NABIRE DIGUNCANG GEMPA 5,5 SR

Foto : NABIRE DIGUNCANG GEMPA 5,5 SR ()


Gempa Mag:5.5 SR, 21-Jul-13 20:00:24 WIB, Lok:3.58 LS,135.40 BT (26 km BaratDaya NABIRE-PAPUA), Kedlmn:26 Km. Pusat gempa berada di daratan yang bersumber dari terusan sesar Sorong. Gempa tidak berpotensi tsunami. Intensitas gempa IV MMI (ringan). Lokasi gempa hampir sama dengan lokasi gempa 5,3 sr yang terjadi 20/7/2013 pukul 23.48 Wib.

Posko BNPB telah melakukan konfirmasi ke BPBD Nabire dan kesatuan TNI di Nabire. Dilaporkan gempa dirasakan ringan selama kurang lebih 4 detik. Hingga saat ini belum ada informasi kerusakan bangunan dan korban. Aktivitas masyarakat tetap normal. BPBD tetap melakukan pemantauan.

Meningkatnya kejadian gempa di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir hendaknya disadari bahwa wilayah Indonesia memang rawan gempa. Gempa tidak dapat diprediksi. Sifat gempa quick on set (terjadi mendadak) dan tanpa disertai tanda-tanda. Sumber gempa berasal dari sesar di darat, zona subduksi di laut dan di ridge di tengah samudera. Masyarakat selalu dihimbau untuk waspada. Begitu merasakan guncangan gempa segera keluar rumah dan mencari tempat yang aman. Bukan gempanya tapi bangunannya yang menyebabkan timbulkan korban.

Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data Informasi dan HUmas BNPB


Admin

Penulis