Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

PELATIHAN PENGOPERASIAN PERAHU DAN MOBIL AMFIBI

Dilihat 903 kali
PELATIHAN PENGOPERASIAN PERAHU DAN MOBIL AMFIBI

Foto : PELATIHAN PENGOPERASIAN PERAHU DAN MOBIL AMFIBI ()

Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dewina Nasution, S.H., M.Si di damping Direktur peralatan Ir. Siti Noerhayati, M.M, kamis 04 April 2013 membuka secara resmi Pelatihan Pengoperasian Perahu dan Mobil Amfibi.
Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari , Marina beach Hotel, Ancol, yang berfokus pada pemantapan sistem manajemen peralatan  PB terutama pengoperasian perahu amfibi yang akan di distribusikan kepada 4 BPBD provinsi ( Sumatra Barat, Jambi, Kalimantan Selatan, Maluku),dan  1  BPBD Kab/Kota (kota Makasar ) Sebelum BNPB menyerahkan perahu amphibi tersebut ke BPBD, maka perlu dilakukan pembekalan dan pelatihan pengoperasian peralatan tersebut.
Dengan tema “Kita Tingkatkan Kemampuan Petugas Peralatan PB” yang mempunyai tujuan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam penggunaan / pengoperasian peralatan PB secara cepat dan tepat,  dan menambah wawasan yang komprehensif, diharapkan peserta BNPB dan BPBD dapat berperan aktif  secara teknis, masing-masing daerah tetap memegang komitmen untuk dapat memanfaatkan peralatan secara baik. Kegiatan ini diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari perwakilan BPBD yang ditunjuk sebagai operator yang akan mengoperasikan perahu amfiibi tersebut, dan peserta dari BNPB.
Rangkaian kegiatan  diawali dengan pengenalan peralatan dan dilanjutkan praktek lapangan yaitu pengoperasian perahu amfibi dan mobil amfibi yang dilaksanakan di pantai Ancol.  Sebagai instruktur adalah Mr. Ibrahim ali bin addul wahab selaku dari sealegs Malaysia dan instruktur mobil amfibi adalah Mr. Vinsen. Sesi selanjutnya adalah presentasi dari pihak penyedia diikuti tanya jawab. Semua peserta berperan aktif mengajukan pertanyaan terkait tatacara operasional, pemeliharaan dan penyimpanan perahu amfibi dan mobil amfibi. Hari berikutnya pemantapan pengoperasian perahu amfibi, semua peserta mendapatkan kesempatan mengoperasikan perahu amfibi. Acara ditutup oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan diakhiri dengan peyerahan simbolis kepada pihak managemen pantai ancol yang telah bersedia memberi fasilitas tempat untuk pelatihan.

Penulis

Admin


BAGIKAN