Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Tidak Ada Korban Jiwa Pasca Banjir Bandang Kabupaten Garut

Dilihat 263 kali
Tidak Ada Korban Jiwa Pasca Banjir Bandang Kabupaten Garut

Foto : Banjir bandang yang terjadi pada Jumat (19/11) di Kabupaten Garut memutus akses jalan menuju Kawah Darajat. (Istimewa)


JAKARTA - Banjir bandang melanda Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa barat pada Jumat (19/11). Laporan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di lapangan, banjir yang terjadi berlokasi jauh dari pemukiman warga. 

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. 

Meski tidak ada jorban jiwa, banjir bandang menimbulkan longsoran dan memutus akses jalan menuju Kawah Darajat. Lahan pertanian warga juga dilaporkan terendam banjir. 

BPBD Kabupaten bersama tim gabungan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan kaji cepat dan pendataan kemungkinan adanya kerugian lain. 

Meski cuaca di lapangan terpantau cerah, BPBD setempat mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah mitigasi adanya banjir susulan. 

Rencananya hari ini, Sabtu (20/11) BPBD bersama tim gabungan akan melakukan pembersihan material pasca banjir. 

Menyikapi adanya dampak dari La Nina yang dapat terjadi di Indonesia hingga Februari 2021, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan dengan meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, masyarakat diharapkan dapat mengikuti instruksi dari perangkat daerah setempat apabila dalam kondisi darurat.


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN