Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Tingkatkan Pemahaman PMK, BNPB Bekali Personel di Daerah

Dilihat 487 kali
Tingkatkan Pemahaman PMK, BNPB Bekali Personel di Daerah

Foto : BNPB kembali menggelar Bimbingan Teknis kepada Fasilitator Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada kesempatan kali ini, serentak dilaksanakan di lima provinsi. (Kedeputian Bidang Pencegahan)

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kedeputian Bidang Pencegahan kembali menggelar Bimbingan Teknis kepada Fasilitator Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada kesempatan kali ini, serentak dilaksanakan di lima provinsi, yaitu Sumatra Utara, Sumatra Barat, Banten, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat pada Selasa (13/9) hingga Kamis (15/9).

Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo yang hadir dalam kegiatan di Jawa Timur menyampaikan, kegiatan ini sebagai sarana sosialisasi tentang PMK dan juga menggerakan unsur daerah dan relawan guna penanganan lebih baik.

“Melalui bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pencegahan PMK dan terselenggaranya surveilans melalui pengerahan dan pengelolaan relawan penanganan PMK,” ucap Pangarso di Surabaya, Selasa (13/9).

Kegiatan ini berisikan pemberian materi seputar pemanfaatan InaRISK dalam penanganan PMK, kemudian materi dari perwakilan Kementerian Pertanian dan juga Satgas PMK.

Dengan terselenggaranya bimtek ini, diharapkan adanya keselarasan langkah dan keterlibatan dari berbagai pihak dalam upaya pencegahan PMK agar segera tercapai target _zero case_.

Peserta di setiap daerah sekitar 100 orang yang terdiri dari penyuluh pertanian dan peternakan, tenaga kesehatan hewan, perwakilan kelompok ternak, penyuluh ternak, Babinsa, Babhinkamtibmas, dan relawan setempat.

Sebagai tambahan informasi, BNPB yang juga Satgas Penanganan PMK Nasional terus menggencarkan upaya pencegahan penyebaran PMK dengan mengadakan kegiatan serupa sebelumnya di wilayah Aceh, Lampung, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Bali.


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 

Penulis

Admin


BAGIKAN