Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kebencanaan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kebencanaan pada tanggal 13 s/d 15 November 2013 bertempat di hotel Jayakarta, Provinsi D.I Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh BPBD Prov. D.I Yogyakarta, BPBD Kab. Sleman, BPBD Kab. Kulon Progo, BPBD Kab Bantul, BPBD kab. Gunung Kidul serta BPBD Kota Yogyakarta.
Acara tersebut dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi D.I Yogyakarta Ir. Gatot Saptadi. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya teknologi informasi dan komunikasi untuk mempercepat akses, membuat analisis dan pertukaran data, sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat akan menjadi lebih cepat, tepat dan akurat. Untuk mendukung hal tersebut, BNPB membangun aplikasi sistem informasi kebencanaan terpadu yang diharapkan dapat mempermudah dalam pengelolaan data & informasi kebencanaan dalam pra bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana, demikian yang disampaikan Kepala Bidang Informasi BNPB, Ir. Neulis Zuliasri M.Si dalam paparannya.
Hari ini (14/11) dilanjutkan dengan presentasi “Standardisasi Data Kebencanaan” yang disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Data Statistik, BNPB, Teguh Harjito, S.Si.
Dalam bimbingan teknis ini peserta mendiskusikan pelaporan dan mekanismenya yang akan diimplementasikan ke dalam sistem informasi kebencanaan yang akan di launching tahun 2014.
Diharapkan dengan materi yang diberikan pada bimbingan teknis kali ini, dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di  BPBD Provinsi, dan Kabupaten/Kota DI Yogyakarta agar dapat mengelola data dengan baik sehingga mempermudah pimpinan dalam mengambil keputusan.

Related posts