BNPB adalah Pasukan Khusus Kebencanaan

JAKARTA - Kepala BNPB Doni Monardo menyebutkan dalam arahannya, BNPB adalah pasukan khusus kebencanaan yang harus dilengkapi dengan peralatan kebencanaan yang lengkap dan optimal. "Sehingga dapat menjadi contoh bagi kementerian/lembaga lain" ungkapnya. Hal ini disampaikan Kepala BNPB dalam arahannya bersama para deputi dan pejabat eselon 2 serta seluruh pegawai BNPB yang melakuan senam pagi dan jalan santai dalam acara gelar peralatan di pantai Ancol, Jakarta Utara (1/3).

 "Kita bangun kepercayaan publik, BNPB menjadi lembaga yang layak dijadikan contoh dan menjadi yang terbaik" ucapnya. Tidak mengambil uang rakyat dengan markup anggaran, apalagi dalam bidang bencana. Doni mengajak untuk bangun bersama-sama dalam hal transparansi sehingga sebagai lembaga, mampu menghemat anggaran negara dan bebas korupsi. Lelang pengadaan di  lingkungan BNPB juga harus dilakukan secara terbuka dan diumumkan di website BNPB. 

Pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan juga disampaikan. Pada kesempatan yang sama Doni Monardo juga mengingatkan ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). "Penyebabnya adalah faktor alam, non alam manusia yang tidak sengaja, dan faktor non alam yang disengaja bakar oleh manusia. Hal ini yang harus BNPB ditindaklanjuti. Bangsa kita harus mencari solusi untuk mengatasi karhutla yang melibatkan  masyarakat yang juga dalam bagian pentahelic" ucapnya. 

Doni Monardo juga mengingatkan agar keseharian pegawai BNPB untuk menghemat listrik dan menggunakan thumbler untuk minum, agar mengurangi sampah plastik.

Diakhir kegiatan, Kepala BNPB bersama jajarannya melakuan peninjauan gelar peralatan dan logistik, tenda sekolah, peralatan komunikasi, peralatan pusdiklat, kedeputian pencegahan dan kesiapsiagaan, kedeputian penanganan darurat dan peralatan BNPB lainnya yang digunakan dalam penanggulangan bencana. 

Humas BNPB

Related posts