BNPB BERDAYAKAN PENGUNGSI ERUPSI GUNUNG SINABUNG

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->
Guna memberdayakan pengungsi erupsi gunung Sinabung Badan Nasional Penanggulangan Bencana bekerjasama dengan Kementerian UKM dan Koperasi serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  untuk memberdayakan masyarakat Karo. Dalam rapat di Satgasnas, BNPB beserta Pemda Kabupaten Karo dan Kementerian Koperasi akan memberikan pelatihan keterampilan kerajinan tangan. Pelatihan keterampilan ini serta kebutuhan sarana dan instruktur pelatihan sedang dipersiapkan dan akan diambil dari kebutuhan anggaran yang diusulkan total sebesar Rp. 2.2 milyar.
Sementara itu, Pak Sukur dari kementerian Koperasi, “menyebutkan akan dilakukan pelatihan secara bertahap pada tiga posko terlebih dahulu yaitu pada Posko Paroki, GBKP dan Mesjid. Instruktur pelatih dapat berasal dari  Pemda Kabupaten Karo dan dari SMK Berastagi. Hal ini untuk mengantisipasi kecocokan dan minat pengungsi pada keterampilan yang diberikan, selain itu kita dapat mengevaluasi kegiatan pelatihan tersebut.

Hal senada disampaikan Bupati Kabupaten Karo, Kena Ukur Karo Jambi, menuturkan “pelatihan keterampilan bagi pengungsi sangat membantu semangat pengungsi serta menghilangkan kejenuhan selama dipengungsian. Mereka para “pengungsi” akan memperoleh pengetahuan baru dalam berketerampilan dan memperoleh wawasan baru berkreasi. Keterampilan ini yang telah dipelajari agar ditularkan pada anak, istri maupun warga lainnya agar dapat menjadi mata pencaharian (Rsp).

Related posts