BNPB SELENGARAKAN LATIHAN PENGEMBANGAN SRC PB WILAYAH BARAT

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selenggarakan Latihan Pengembangan Kapasitas Tingkat Bidang dan Satuan SRC PB wilayah Barat tahun 2013. Latihan tingkat bidang dilaksanakan pada tanggal 6 s/d 11 Oktober, sedangkan latihan tingkat satuan pada tanggal 11 s/d 13 Oktober, berlokasi di Hotel Desa Gumati, Bogor dan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) di Sentul Bogor, Jawa Barat.

 Acara tersebut di buka oleh Komandan Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC PB) Letkol Inf. Widjanarko. Dalam sambutannya, untuk ”meningkatkan dan menjaga pengetahuan dan kemampuan personel SRC PB diperlukan pembinaan secara teratur dan terus menerus. Pelatihan ini dilaksanakan secara sistemik mulai dari pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan kemampuan dasar perorangan, kemampuan spesifik setiap tim, seksi bidang dan tingkat satuan. Pelatihan ini dilaksanakan dengan menggunakan instruktur yang berpengalaman di bidang penanggulangan bencana, sehingga diharapkan akan terbentuk Tim Inti yang memiliki standar profesional dalam penanganan kedaruratan bencana. Menutup pembicaraan, SRC PB diharapkan memiliki standar kompetensi yang terukur dan teruji.”

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Latihan pengembangan Kapasitas SRC PB berjumlah 65 orang yang berasal dari beberapa lembaga yang terkait dengan kebencanaan, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum, Badan SAR Nasional, Badan Informasi Geospasial, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Palang Merah Indonesia, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan BNPB. (Rsp)

Related posts