BNPB Terima 72 Mahasiswa ITB Program Ekskursi

BNPB Terima 72 Mahasiswa ITB Program Ekskursi

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima kunjungan 72 mahasiswa-mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Selasa (22/11) di Graha BNPB, Jakarta Timur. Direktur Bantuan Darurat BNPB Eko Budiman dan Kepala Biro Umum BNPB Tavip Joko Prahoro menerima rombongan peserta kunjungan ilmiah (ekskursi) ITB yang dipimpin oleh Dosen Program Studi Metorologi  Dr. Joko Wiratmo. 

Setelah berkunjung di beberapa fasilitas BNPB, salah seorang mahasiswa Fahim mendapatkan gambaran lebih luas mengenai apa yang telah dilakukan oleh BNPB dalam penanggulangan bencana. “Ke depan, saya mengharapkan BNPB dapat memfasilitasi kami, sebagai rujukan penanggulangan bencana dalam penyusunan karya ilmiah,“ kata Fahim.

Dalam sambutan penerimaan Sekretaris BNPB,  Dody Ruswandi menyampaikan bahwa kunjungan kali ini merupakan kesempatan yang baik untuk para mahasiswa-mahasiswi belajar dan bertukar pemikiran dengan teman-teman BNPB. 

“Teman-teman dapat melihat diorama kebencanaan dari pusat pengendali operasi oleh rekan-rekan Pusat Data, Informasi dan Humas,” kata Eko menyampaikan sambutan tersebut. 
Sementara itu, Joko Wiratmo menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan dapat berkunjung di BNPB. Joko mengakui selama ini selalu mendengar tentang BNPB namun baru kali ini dapat beraudiensi secara langsung di Gedung BNPB.

Joko yang mendampingi anak didiknya di tingkat 3 dan 4 ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa yang dilakukan oleh BNPB dalam penanggulangan bencana. 

“Tujuan kami berkunjung di BNPB untuk menimba ilmu bagaimana BNPB berkiprah selama di lapangan. Kami juga berharap ke depan ada kerjasama lain yang lebih operasional antara BNPB dan ITB,” kata Joko dalam sambutan. 

Selain itu, tujuan ekskursi ini antara lain untuk (1) mengetahui peluang penelitian sebagai tugas akhir dan kerjasama antara Program Studi Meteorologi ITB dan BNPB dan (2) menambah wawasan, menumbuhkan kesadaran, dan kepedulian mahasiswa Meteorologi ITB terhadap berbagai masalah lingkungan cuaca dan musim di wilayah tropis.

Pada ekskursi kali ini, peserta mengunjungi ruang monitoring, ruang radio, pusat pengendali operasi, dan diorama kebencanaan yang memiliki bahan-bahan pamer baru. (PHI)

Related posts