Cabinet Office Jepang Kunjungi BNPB Terkait Program Inovasi Strategis Lintas Kementerian

JAKARTA – Cabinet Office Jepang yang terdiri dari 6 orang delegasi yaitu Dr. Kazuo Kyuma, Shiro Takegami, Hiroyuki Nishida, Hiroaki Nakayama dan Prof.Dr. Siringoringo Dioysius Manly Kunjungi BNPB terkait Program Inovasi Strategis Lintas kementerian yang digagas oleh Dewan Ilmu Pengetahuan, Tehnologi dan Inovasi sejak 2013 dan mulai diimplementasikan Mei 2014. Kunjungan tersebut disambut oleh Kepala BNPB Willem Rampangilei didampingi Sekretaris Utama Dodi Ruswandi dan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Sutopo Purwo Nugroho.

Dalam sambutannya Kepala BNPB Willem Rampangilei menuturkan Indonesia dan Jepang telah lama bekerjasama dalam penanganan bencana yang dirasakan banyak manfaatnya bagi kedua belah pihak. Dari dulu Jepang dikenal bagus dalam proses penanggulangan bencana. “Kami menyambut baik kunjungan dari Cabinet office dan juga berharap bahwa BNPB dan Jepang bisa berkolaborasi dalam program Inovasi Strategis tersebut,”tambah Willem.

Dr. Kazuo Kyuma  salah satu Anggota Eksekutif Dewan Ilmu Pengetahuan, Tehnologi dan Inovasi, Cabinet Office mengatakan bahwa kunjungan mereka ke BNPB adalah memperkenalkan program Strategic Innovation Promotion Promotion Program (SIP)yang sedang dikembangkan di Jepang. Program ini berperan penting dalam kolaborasi antara sektor industri, akademisi, publik dan sektor swasta dan kementrian dan lembaga yang terkait. ”Kami berharap BNPB bisa berkolaborasi dalam pengembangan Ilmu pengetahuan, Tehnologi dan Inovasi dalam Penanggulangan bencana melalui program ini,”  papar Kyuma.

Program- program yang ada dibawah SIP ini diantaranya adalah Tehnologi Pembakaran Inovatif, Materi struktural untuk Inovasi, Pembawa Energi, Tehnologi generasi Baru untuk Ekplorasi Sumber daya Laut, Sistim Mengemudi Otomatis, Keamanan Siber, Penguatan Ketangguhan Masyarakat Menghadapi Bencana Alam.(Ayu)

Related posts