Forum PRB Kabupaten Fakfak Terbentuk

FAKFAK - Pentingnya kesadaran bersama membangun  ketangguhan dalam penanggulangan bencana segenap komponen di Kabupaten Fakfak menjadi alasan terbentuknya Forum PRB Fakfak Papua Barat. Secara geografis, geologis, dan  klimatologis wilayah Kabupaten Fakfak sebagai daerah yang rawan terhadap berbagai jenis bahaya diantaranya  yaitu tanah longsor, abrasi, banjir, kekeringan, kebakaran lahan dan hutan, angin putting beliung dan gempabumi. 

Pembentukan Forum PRB Fakfak ditandai dengan pembacaan Deklarasi Komitmen Bersama untuk membangun ketangguhan di Kab.fakfak. Pembacaan Deklarasi dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kab.fakfak yang diwakili oleh Asisten Daerah II. Ketua terpilih yaitu Dandim 1803 Kab.Fakfak menyampaikan bahwa bencana merupakan urusan semua komponen, ke depan Forum PRB harus memiliki program kegiatan salah satunya adalah simulasi secara regular. 

Dalam sambutannya Sekda Kab.Fakfak yang dibacakan oleh Asisten II menyampaikan bahwa 3 kunci yang harus dipegang dalam kesuksesan Forum PRB Fakfak yaitu komitmen, konsistensi dan secara berkelanjutan. Lebih lanjut Charles Kambu menyampaikan bahwa Forum ini harus didukung anggaran dan masuk masuk dalam RKA/KL  2020. 

Deklarasi Forum Kab. Fakfak dihadiri  oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang di wakili oleh Kasubdit Peran Lembaga Usaha Firza Ghozalba. Firza Ghozalba dalam sambutan dan arahannya berharap bahwa Forum PRB bisa menjadi mitra BPBD dalam membantu menyediakan dan memobilisasi pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya yang diperlukan untuk mengarusutamakan PRB dalam kebijakan, perencanaan dan program pembangunan.  

Inisiasi pembentukan forum PRB Kab.Fakfak dibuka oleh Wakil Bupati Kab. Fakfak, Rabu ( 4/09) dan dihadiri oleh seluruh stakeholder yang berada di Fakfak. Selepas Pembentukan Forum akan ditindaklanjuti dengan kongres Bersama anggota guna merumuskan program kerja selama 1 periode kepengurusan (115).

Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPB

Related posts