GUBERNUR RIAU PERPANJANG STATUS TANGGAP DARURAT

Pekanbaru- Hari ini (27/3) Gubernur Provinsi Riau memperpanjang Status Tanggap Darurat Bencana Asap dari tanggal 27 Maret 2014 hingga 4 April 2014. Hal ini disebabkan masih terdapat titik panas atau hotspot di wilayah Riau. Citra satelit NOAA 18 memantau 68 titik di Bengkalis 20 titik, Dumai 21, Inhu 2, Meranti 6, Kuansing 1, Pelalawan 4, Rokan Hilir 6, Rokan Hulu 1, dan Siak 7.
Terpantau pada hari ini wilayah Riau bagian barat, tengah, dan selatan cuaca berawan. Meskipun hujan ringan bersifat lokal turun di wilayah ini, kabut asap tipis masih menyelimuti. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa jarak pandang atau visibility pada jam 07.00 WIB, Pekanbaru 3 km, Pelalawan 2 km, Rengat 3 km, dan Dumai 0,5 km. Sementara itu, kualitas udara membaik di sebagian besar wilayah Riau. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) pada Rabu sore (26/3) dalam kategori sedang (Petapahan 60 PSI, Dumai 64, Rumbai 82, siak 89, Duri Camp 92, Pekanbaru 95, Panam 97, Minas 98), tidak sehat (Duri Field 118, Libo 159, Bangko 200).
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menekankan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk terus meningkatkan koordinasi dan upaya-upaya penanggulangan api dan asap ini. Elemen dari pemerintah setempat seperti Dinas Satpol Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, atau Kehutanan untuk mengerahkan sumber daya dalam pemadaman. Demikian juga untuk kegiatan sosialisasi, Wakil Komandan Satgas Ops Terpadu Mayjen Iskandar Sahil memerintahkan semua komponen dari TNI dan polisi di tingkat kewilayahan dan pemda untuk melakukan bersama-sama sesuai dengan tupoksinya.   

Related posts