KEPALA BNPB RESMIKAN JEMBATAN SEI ASAM

Tweet

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dr. Syamsul Maarif, M.Si meresmikan Jembatan Sei Asam di Desa Sungai Asam, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, pada Senin (11/3). Peresmian ini sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja Kepala BNPB di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).
Didampingi Gubernur Kalsel dan Bupati Banjar pada acara peresmian, Kepala BNPB memberikan sambutan di hadapan SKPD  dan masyarakat setempat. Syamsul Maarif sangat memberikan apresiasi bagi kabupaten dalam melakukan inisiatif pembangunan jembatan yang roboh akibat banjir bandang tahun 2006. Program rehabilitasi dan rekonstruksi ini terealisasi atas sharing pembiayaan pusat dan daerah. Pada kesempatan lain, Kepala BNPB mengatakan sharing pembiayaan ini menunjukkan bahwa daerah ini berdaya. "Jembatan ini memiliki nilai lebih karena tidak hanya sebagai sarana penyeberangan tetapi juga menghubungkan Desa Sungai asam dengan desa-desa lain", tambah Syamsul Maarif. 
Sementara itu, Gubernur Kalsem, Rudy Arifin, menekankan agar masyarakat setempat turut menjaga dan memelihara jembatan strategis ini. Pada kesempatan yang sama, Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada BNPB atas dukungan sumber daya dalam rangka peningkatan kapasitas lokal penanggulangan bencana. Tokoh masyarakat setempat, Warhami, juga menuturkan terima kasih kepada BNPB atas pembangunan jembatan ini.
Sehari sebelumnya (10/3), Kepala BNPB menghadiri apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kabupaten Banjar. Seusai apel siaga, Syamsul Maarif selaku Pembina Upacara, meninjau gelar personel dan peralatan dari berbagai pelaku penanggulangan bencana, BPBD setempat bersama TNI, Satpol PP, PMI, Tagana, Damkar, pramuka, serta unsur ormas setempat yang menjadi garda depan. Di samping apel siaga, Kepala BNPB yang didampingi Inspektur Utama BNPB dan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi    menghadiri silaturahmi antar Kepala BPBD kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin. 
 
Pada hari yang sama Kepala BNPB dianugerahi penghargaan dari Darjah Kebesaran Kesultanan Banjar. Penghargaan ini sebagai cendera hati dan tanda ikatan persaudaraan dengan Kesultanan Banjar. Bertempat di Pendopo Kabupaten Banjar, Bupati Sultan Chairul Saleh memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Kepala BNPB.