Indonesia Serahkan Keketuaan pada Pertemuan ACDM ke-30

Tweet

Laos – Penguatan ketangguhan ASEAN menjadi agenda bersama sebagai bentuk kerja sama, kolaborasi dan solidaritas antar negara di kawasan ini. Belajar dari pengalaman bencana Tsunami Samudera Hindia (2004), Topan Nargis (2008), dan Topan Haiyan (2013) dan lainnya, ASEAN menyadari pentingnya membangun kekuatan kolektif secara bersama dalam kesiapannya menghadapi bencana.

 

Pertemuan ACDM ke- 30, negara-negara anggota ASEAN terus berupaya untuk membahas berbagai isu terkait penanggulangan bencana sesuai dengan koridor yang terangkum dalam prioritas program kerja ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER) 2016-2020. Setelah pada tahun 2016, Indonesia ditunjuk sebagai chairman pada pertemuan 28th dan 29th ASEAN Committee on Disaster Management (ACDM), pada pertemuan 30th ini, Indonesia melalui Dody Ruswandi – Sekretaris Utama BNPB sebagai Ketua DELRI telah menyerahkan tongkat estafet keketuaannya kepada Lao People's Democratic Republic (PDR) pada tanggal 4 April 2017 di Vientiane, Lao PDR yang mengawali agenda hari pertama dalam rangkaian pertemuan ini.

 

Dalam kesempatannya, Sekretaris Utama BNPB menegaskan hal-hal yang telah dicapai dalam prioritasnya  selama menjadi ketua  ACDM 28 dan 29, yaitu:

1.  Telah menyuarakan kembali posisi ASEAN melalui pertemuan ASEAN Joint Statement in WHS pada bulan Mei 2016 di Istanbul, Turki.

2.  Telah mengawal pendirian working group baru yaitu Working Group on Knowledge and Innovation Management (WG on KIM), di mana Indonesia menjadi Co-Chair, selain Singapura dan Vietnam

3.  Telah diadopsinya deklarasi One ASEAN One Response oleh para pemimpin anggota ASEAN yang mengakselerasi adopsi SASOP Chapter IV dan mengujinya dalam (East Asia Summit) EAS Disaster and Response Toolkit pada Table Top Exercise (TTX) Ambon DiREx.

4.  Telah mendukung penguatan dan pemberdayaan AHA Centre

5.  Menginisiasi ASEAN Standardization and Certification for Experts in DM (ASCEND) yang digunakan oleh LSP PB Indonesia.

 

Selain BNPB, Delegasi Indonesia kali ini pada pertemuan ACDM kali ini diperkuat juga perwakilan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kesehatan yang akan membahas isu-isu cross cutting dengan disaster management hingga 2 (dua) hari mendatang.

 

Biro Hukum dan Kerjasama BNPB