Sosialisasi Siaga Darurat Perangkat Desa Kec. Rendang

Tweet

KARANGASEM – Tim sosialisasi siaga darurat Gunung Agung terus melakukan sosialisasi, setelah sebelumnya di Kec. Klungkung dan Kec. Karangasem. Pada hari ini selasa (10/10) sosialisasi kepada seluruh perangkat desa Kec. Rendang. Hadir sebagai narasumber Kabid. Mitgasi PVMBG I Gede Suantika, Ketua IAGI Bali, Kapolsek Rendang Kompol I Nengah Berata dan Danramil Rendang Kapten Inf I Ketut Sumendra.

Tujuan dari sosialisasi kali ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para kepala desa dan bendesa Kec. Rendang. I Gede Suantika menjelaskan bahwa saat ini Gunung Agung masih berstatus awas level IV, dan jangan masuk kedalam zona bahaya karena zona tersebut harus sudah kosong dan tidak ada aktifitas. Ia juga menghimbau agar masyarakat mematuhi himbauan pemerintah baik dari PVMBG, BNPB, Bupati atau dinas terkait lainnya.

Camat Rendang I Wayan Mastra Gede menekankan kepada para perangkat desa untuk membentuk satgas guna menata para pengungsi agar merasa nyaman ditempat pengungsiannya, dan pengungsi harus tetap menjaga kebersihan lingkungannya.

Suantika menambahkan “1963 tanda letusan adalah munculnya kepulan asap dan abu, sehingga terjadi hujan abu yang luas, dan kurangnya pemahaman masyarakat pada waktu itu sehingga sampai jatuh korban, sehingga pentingnya sosialisasi ini.” jelas Suantika.

Pihak keamanan seperti Danramil dan Polsek Rendang selalu siap untuk menjaga pos-pos zona bahaya. “sesuai perintah dandim/dan satgas siaga darurat Gunung Agung selalu menjaga pos-pos zona bahaya agar tidak jauh korban jika terjadi erupsi” ucap Danramil.

Sosialisasi ini diharapkan dapat diteruskan oleh perangkat desa untuk dijelaskan kepada masyarakat dan pengungsi, karena perangkat desa adalah pemerintah dan paling mengetahui kondisi masyarakatnya.


Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas