BNPB Ikuti Pameran SAIK 2017 di Palembang

Tweet

PALEMBANG – BNPB berpartisipasi dalam kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) tahun 2017 yang diselenggarakan tanggal 21 s.d. 23 November 2017 di Kota Palembang.

SAIK merupakan kegiatan hasil transformasi dari Pekan Informasi Nasional, yang pelaksanaannya dilakukan di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

SAIK tahun 2017 diikuti oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi Negeri, Kelompok Informasi Masyarakat, Forum Komunikasi Media Tradisional (FK-Metra), komunitas blogger dan netizen, dan masyarakat umum. Adapun kegiatan SAIK tahun 2017 terdiri atas pertemuan Bakohumas Tingkat Nasional; Anugerah Media Humas; Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tingkat Nasional; Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional; temu blogger; dan Pameran produk humas, KIM, produk teknologi informasi dan komunikasi, serta pos dan telekomunikasi (kehumasan).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik R Niken Widiastuti menyampaikan apresiasinya saat mengunjungi stand pameran di Palembang Sport Convention Centre, “Begitu banyak peserta Humas Pemerintah dari berbagai kementerian dan lembaga yang ikut dalam kegiatan SAIK 2017 terutama pameran ini. Semoga bisa membantu menyebarkan informasi kebijakan ke masyarakat." Jelas Niken.

Sementara itu, Anastasia salah satu mahasiswi Poltekpar yang menjadi pengunjung SAIK 2017 menyatakan senang dengan adanya pameran ini, “Kami bisa lebih tahu mengenai tugas dan fungsi dari kementerian dan lembaga serta kebijakan yang dibuat oleh kementerian tersebut. Pamerannya juga seru karena ada kuis-kuis berhadiah menarik.” tutur Anastasia. Ia sangat antusias dengan stand BNPB karena mendapat tambahan ilmu pengetahuan seputar bencana. “Bisa Tanya seputar bencana bahkan dapat buku data dan atlas bencana 2015.” tambahnya.

Dalam siaran persnya, Direktur Kemitraan Komunikasi Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Dedet Surya Nandika menyampaikan tujuan diselenggarakan SAIK tahun 2017 adalah mewujudkan tata informasi nasional melalui pengembangan dan pembangunan komunikasi dan informatika yang terintegrasi, meningkatkan integrasi dan koordinasi Kemkominfo dengan Pemda Provinsi dan kabupaten/kota dalam pembangunan/pengembangan komunikasi dan informatika, mendorong pembangunan komunikasi dan informatika yang dilaksanakan secara bergiliran di daerah, dan melaksanakan evaluasi tentang pengembangan/pembangunan komunikasi dan informatika.

Wakil Ketua Pelaksana Bakohumas Pusat, Masrokhan (Asdep Humas Kemensetneg) Masrokhan menyampaikan bahwa SAIK 2017 merupakan forum penting dan strategis karena merupakan puncak dari temu tingkat nasional Humas Pemerintah dalam meneguhkan komitmennya menyukseskan program-program Pemerintah Jokowi-JK dengan mendiseminasikan kebijakan Pemerintah sampai ke daerah dan sampai ke rakyat paling bawah.

Kegiatan SAIK tahun 2017 dilaksanakan di dua tempat, yaitu Hotel Novotel dan Palembang Sport and Convention Center (PSCC) untuk kegiatan pamerannya. (ayu)