Kegiatan Aksi kemanusiaan dalam Rangka Kegiatan MM Direx 2014

Padang (19/3)_ Kegiatan Humanitarian Civic Action (HCA),merupakan bagian dari kegiatan Mentawai Megathrust DiRex 2014 yang bekerjasama antara Direktorat Kesiapsiagaan BNPB selaku Koordinator dengan Pusdiklat BNPB, BPBD Provinsi Sumatera Barat, BPBD Kota Padang, Dinas Kota Padang terkait, Kementerian/Lembaga terkait lembaga Usaha dan Ormas. HCA juga bertujuan untuk mendukung kegiatan MM Direx dan untuk mensosialisasikan program kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana yang telah dilaksanakan  10-19 Maret 2014.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu  kegiatan karya bhakti dan bhakti sosial yang dilaksanakan di 2 tempat, yakni Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kegiatan Karya Bhakti berupa pembangunan shelter dan rangkaian kegiatan penguatan peringatan dini di Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan  Mentawai dari tahun 2013-2014. Sedangkan Bhakti Sosial berupa sosialisasi, pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan serta kegiatan lain yang terkait.


Kegiatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kecamatan Sipora Utara dan Kecamatan Sipora Selatan. Melibatkan kurang lebih 1.150 orang masyarakat yang terbagi dalam 2 kegiatan, yaitu pengobatan gratis dan sunatan massal di Puskesmas Mapaddegat dan Dermaga Tua Pejat. Disamping itu,dilakukan juga sosialisasi kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana di Kecamatan Sipora Utara dan Kecamatan Sipora Selatan. 


Sedangkan, di Kota Padang melibatkan 1.100 masyarakat dan Kelompok Siaga Bencana (KSB) dalam 5 kegiatan, yaitu (1) Pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan di Pustu Pasie Nan Tigo, (2) Posyandu Air Tawar, Pustu Rimbo Kaluang, (3) Senam lansia di Pelataran Masjid Kalawi, (4) Donor darah di Aula Ma Korem, (5) Pengecatan Musholla Kalawi; dan sosialisasi kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana di Kecamatan Padang Barat, Kecamatan Koto Tengah dan Kecamatan Ulak Karang Utara. 

Related posts