Kepala BNPB Pimpin Apel Kesiapsiagaan Riau Tanpa Asap

PEKANBARU - Dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau Kepala BNPB Doni Monardo pimpin apel Riau Tanpa Asap, di halaman Kantor BPBD Provinsi Riau, pada kamis (7/2).

 

Dalam apel tersebut Kepala BNPB menginstruksikan kepada jajaran BPBD Prov/Kab/Kota Riau untuk melaksanakan patroli dan sosialisasi berkesinambungan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan. "Dalam melaksanakan patroli dekatilah rakyat karena rakyat adalah garda terdepan dalam pencegahan kebakaran hutan ini, selalu libatkan rakyat  dalam pencegahan kebakaran dengan sosialisasi dan edukasi," kata Doni.

 

Untuk mendukung kegiatan patroli Kepala BNPB memberikan bantuan secara simbolis berupa mobil ranger, masker dan mesin pompa air, dilanjutkan peninjauan peralatan pemadaman api, serta penanaman pohon di halaman Kantor BPBD Prov. Riau sebagai bentuk kepedulian terhadap alam.

 

Pada hari yang sama, Kepala BNPB melaksanakan rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan jajaran Pemerintah Provinsi Riau, serta TNI/Polri. Dalam pidatonya Kepala BNPB mengatakan bahwa "Setiap tahun kita akan memasuki musim kemarau dan hujan, ketika hujan bisa terjadi banjir dan kemarau bisa terjadi kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan. Sesuai instruksi presiden bahwa pencegahan kebakaran hutan dan lahan lebih utama dan murah daripada penanganan kebakaran hutan dan lahan, oleh sebab itu mari bersama-sama kita jaga alam maka alam akan menjaga kita,"  jelasnya.

 

Kepala BNPB menekankan bahwa apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan maka Gubernur akan menjadi Kepala satgas  kebakaran serta Pangdam dan Kapolda akan menjadi wakilnya.

 

Hadir dalam rapat tersebut Gubernur Riau, Sekda Prov. Riau, TNI/Polri, BPBD prov/kab/kota serta SKPD terkait Prov. Riau.

 

Humas BNPB

Related posts