KERJASAMA BNPB DAN USTRANSCOM PERKUAT PENANGGULANGAN BENCANA

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif menerima kunjungan kerja Komandan United States Transportation Command (USTRANSCOM) William M. Fraser III pada Rabu (18/9) di Gedung BNPB Jalan Juanda, Jakarta. Kunjungan kerja USTRANSCOM ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kerjasama antara BNPB dan UNSTRANSCOM. 


Pada kesempatan ini Syamsul Maarif berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai penanggulangan bencana di Indonesia. Selain itu, beliau juga menyampaikan tantangan yang harus dihadapi, khususnya bagaimana membangun strategi yang komprehensif dalam penanggulangan bencana.  


Sementara itu, William Fraser III berpendapat mengenai pentingnya peningkatan kapabilitas dan kapasitas dalam respon bencana. Menurutnya, peningkatan kapabilitas dan kapasitas ini salah satunya dapat diperoleh melalui kerjasama dalam latihan gabungan.   


Terkait dengan kerjasama antar kedua belah pihak, BNPB mengharapkan dukungan dalam latihan gabungan Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise (MM DiREx) 2014 nanti. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BNPB Wisnu Widjaja menjelaskan bahwa latihan gabungan ini salah satunya untuk menguji mekanisme lokal, nasional, dan internasional dalam respon darurat serta bagaimana mengelola bantuan internasional yang datang ke Indonesia. 


“Ini latihan yang sangat besar dimana negara-negara anggota ASEAN dan 8 negara EAS Non-ASEAN, seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Rusia, Jepang, Korea, Jepang, dan India akan terlibat dalam latihan ini, sekaligus kita dapat belajar untuk mengatasi respon darurat di wilayah yang termasuk remote”, tambah Wisnu Widjaja. 


Menambah penjelasan mengenai MM DiREx, Syamsul Maarif juga menyampaikan bahwa Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono sangat concern untuk penanganan bencana sekaligus membuat kawasan ini menjadi kawasan damai. “Untuk itu kita mengundang negara-negara untuk datang ke sana, kita tunjukkan kepada dunia, bersama-sama kita melakukan kegiatan kemanusiaan”, ucap Syamsul Maarif. 


Menanggapi hal tersebut, William Fraser mengatakan pihaknya akan mendukung penyelenggaran latihan gabungan ini dan kerjasama untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas pada latihan-latihan ke depan. 


Pada kunjungan tersebut, Komandan USTRANSCOM berbintang empat ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BNPB atas penerimaan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang kebencanaan.  


Selain melakukan fungsi kemiliteran, USTRANSCOM juga mendukung misi-misi kemanusiaan dan latihan gabungan penanggulangan bencana. Beberapa misi yang pernah dilakukan seperti pasca bencana gempa bumi di Haiti, banjir di Pakistan, dan bencana pencemaran minyak di Teluk Deep Horizon. (TY).

Related posts