KESIAPSIAGAAN SUMATERA BARAT MELALUI MM DIREX 2014

Tingkat kerawanan dan kerentanan terhadap gempabumi dan tsunami cukup tinggi di Indonesia. Menyadari hal tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya pengurangan risiko bencana sebagai langkah antisipasi Mentawai Megathrust yang akan dihadapi oleh Wilayah Sumatera Barat. Lesson Learned dari kejadian gempabumi 8.5 SR pada 11 April 2014 sebagai salah satu butir penting dari rangkaian kegiatan Mentawai Megathrust Disaster Exercise (MMDirex) 2014 dengan tema “Strengthening Collaboration and Partnership in Disaster Response to Build Resilient Region” yang diikuti 5000 orang lebih dan melibatkan 19 Negara dilaksanakan mulai tanggal 17 – 22 Maret 2014 di Kota Padang – Sumatera Barat.

Rangkaian kegiatan MMDirex merupakan latihan kesiapsiagaan Sumatera Barat untuk memperkuat koordinasi, kolaborasi dan komunikasi untuk ketangguhan ditingkat local, nasional, dan regional karena dampak kemanusiaan yang diakibatkan oleh bencana besar tidak mengenal batas administrative negara. Geladi Posko/Command Post Exercise (CPX), Geladi Lapangan / Field Training Exercise (FTX), Humanitarian Civic Action (HCA), Evakuasi Mandiri, Academic Session, gelar peralatan hingga dan Pameran Kebencanaan yang dilaksanakan mulai tanggal 20 – 22 Maret 2014 di GOR H. Agus Salim.

Gubernur Sumatera Barat. Ir. H. Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan, “ kegiatan MMDIrex ini merupakan langkah persiapan kita bersama dengan dukungan dari beberapa negara sahabat untuk uji koordinasi, kolaborasi, komunikasi terhadap gempabumi dan tsunami yang diprediksi akan terjadi Sumatera Barat. Penanganan dan mitigasi bencana merupakan satu dari 10 program utama Pemprov Sumatera Barat’, tegasnya. 18 Negara yang hadir kali ini, Australia, Amerika Serikat, Brunei Darussalam, Vietnam, Cambodia, New Zealand, Malaysia, Myanmar, Rusia, Japan, India dan Indonesia sebagai tuan rumah.

MMDirex 2014 kali ini juga bersamaan dengan peresmian UPT Regional Sumatera di Jalan Padang, Indarung yang terdiri dari training facilities, warehousing, dan Pusdalops PB oleh Kepala BNPB dan gelar kesiapsiagaan peralatan di Lanud Tabing pada tanggal 20 Maret 2014. Pameran Kebencanaan juga akan meramaikan rangkaian kegiatan MM Direx dan menjadi lokasi penutupan acara MMDIrex 2014. (To)

Related posts