Kunjungan National Emergency Management Agency (NEMA) of Monggolia ke BNPB

Sentul - BNPB menerima kunjungan NEMA Mongolia pada tanggal 7 Oktober 2014 dalam serangkaian kunjungannya dari tanggal 6 – 10 Oktober 2014. Kunjungan NEMA Mongolia berjumlah 5 orang dipimpin oleh Mr. Col. Badral T, Deputy Chief of NEMA. Delegasi diterima di Ina-DRTG Sentul, Jawa Barat oleh Kepala Pusdiklat, didampingi oleh Kepala Biro Hukum dan Kerjasama, Direktur Kesiapsiagaan, Direktur Pemberdayaan Masyarakat, serta perwakilan dari Pusdatinmas dan perwakilan Kedeputian Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi. Kunjungan yang berdurasi kurang lebih setengah hari tersebut dipergunakan untuk berdiskusi pengalaman dalam Penanggulangan Bencana dan mengunjungi fasilitas yang berada di Ina DRTG, Sentul, Jawa Barat.

Saat ini Pemerintah Mongolia sedang melakukan revisi  peraturan perundang-undangan  terkait Perlindungan terhadap Bencana yang akan memperbaiki fungsi dan kerjasama antar sektor lain dalam pelaksanaan Disaster Risk Management. 
NEMA Mongolia  melakukan tukar menukar pengalaman  dan pengetahuan melalui diskusi yang meliputi:
a) Kelembagaan dan aspek legal dari pencegahan, kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana 
b) Koordinasi upaya pengurangan risiko bencana terkait mekanisme antar Kementerian dan Lembaga 
c) Keterlibatan komunitas dalam CBDRM
d) Pernyataan tanggap darurat saat bencana
e) Pembiayaan saat tanggap darurat dan pemulihan

Setelah melakukan kunjungan di BNPB, Delegasi akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi DIY guna melakukan pertemuan dengan jajaran BPBD Provinsi DIY, bersama-sama dengan REKOMPAK serta Forum PRB DIY. Di provinsi ini, delegasi akan meninjau daerah letusan Gunung Merapi dalam mempelajari CBDRM pada masa pasca bencana dan desa tangguh serta pemberdayaan masyarakatnya.

Related posts