18

2018-07

Menuju Jawa Tengah Tangguh Bencana

MAGELANG - Menuju Jawa Tengah Tangguh Bencana BNPB bersama BPBD Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Rapat Koordinasi Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2018 dengan Tema “ Membangun Budaya Sadar Bencana dan Ketangguhan Menghadapi Bencana” di Magelang ( 9/07). 

Kegiatan ini  menghadirkan narasumber  dari BNPB antara lain  Kasubdit Peran Lembaga Usaha, Firza Ghozalba, Kasubdit Peran Masyarakat Pangarso Suryotomo dan Kabid Data Hermawan Agustina serta dihadiri seluruh 35 Kalaksa Kab/Kota Se-Jawa Tengah. 

Selain untuk membangun koordinasi dalam pengurangan risiko bencana, kegiatan ini merupakan wujud komitmen seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan kabupaten/kota tangguh bencana, penguatan kapasitas Kabupaten/Kota, terbangunnya  sistem informasi yang baik. Tujuan akhirnya adalah untuk menurunkan angka indeks risiko bencana di Provinsi Jawa Tengah. 

Seperti kita ketahui bersama Jawa Tengah merupakan Provinsi yang memiliki ancaman bencana beragam, antara lain banjir, gempa bumi, tsunami, longsor, kebakaran pemukiman, kebakaran hutan dan lahan, serta bencana lainnya. Dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 26 daerah diantaranya berada dalam kelas risiko tinggi dan 9 daerah termasuk dalam kelas risiko sedang. (iis/acu).

Related posts