19

2018-06

Nilai Luhur Pancasila untuk Kemanusiaan

JAKARTA – Lahirnya Pancasila diawali dari satu proses dengan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 yang dikemudian diteruskan lahirnya Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945 yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia dihadirkan atas pemikiran para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan di seluruh negeri untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa. 

Pada hari ini, seluruh pegawai Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaksanakan upacara peringatan lahirnya Pancasila di Graha BNPB. Deputi Logistik dan Peralatan, Rudi Padmanto yang bertindak selaku Inspektur Upacara, membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo bahwa “Peringatan lahirnya Pancasila ini adalah untuk meneguhkan komitmen kita untuk lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tidak ada pilihan lain kecuali kita terus harus bahu membahu mewujudkan cita-cita bangsa sesuai dengan amanat Pancasila dengan menyatukan hati, pikiran, dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Kita harus menjaga marwah bangsa yang dikenal santun, berjiwa gotongroyong dan toleran. Tidak ada pilihan lain bahwa kita sebagai anak bangsa harus menjadikan Indonesia, negara yang adil, makmur dan bermartabat di mata dunia”. 

Makna dari isi Pancasila juga menjadi landasan didalam setiap kegiatan penanggulangan bencana. Kebersamaan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat saat membantu korban bencana adalah wujud dari nilai-nilai luhur Pancasila untuk kemanusiaan. Budaya gotongroyong yang dilakukan oleh BNPB, BPBD, TNI, Polri, Kementerian dan lembaga, bantuan dunia usaha dan juga masyarakat dalam penanganan bencana telah terbukti mampu mempercepat korban bencana untuk memperoleh kembali kehidupan dan penghidupannya. 

Selamat hari lahir Pancasila, mari jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan diantara kita. Kita Pancasila, Kita Indonesia. (riz). 

Related posts