19

2018-06

Pasca Diguncang Gempa, BPBD Tasikmalaya Berikan Penguatan Peran Swasta Dalam Penanggulangan Bencana

TASIKMALAYA. Investasi lembaga usaha dalam pengurangan risiko bencana untuk ketangguhan masyarakat terhadap bencana adalah penting. Hal ini selain untuk meningkatkan ketangguhan ekonomi, sosial, kesehatan baik individu maupun masyarakat tetapi juga menyelamatkan aset dari lembaga usaha itu sendiri.  Inilah yang digagas oleh BPBD Tasikmalaya dalam Workshop  Peningkatan Peran Lembaga Usaha dalam Pengurangan Risiko Bencana (27/02/2018). Acara ini diikuti oleh lembaga usaha dari perusahaan-perusahaan yang berada di Tasikmalaya dan UMKM-UMKM sekitar Tasikmalaya. 

 

Pasca Gempa 6,9 skala richter yang mengguncang Kota Tasikmalaya pada Desember yang lalu mengakibatkan berbagai kerusakan bangunan dan infrastruktur sehingga diperlukan kegiatan yang bisa membangun kepedulian Lembaga Usaha dalam Upaya-upaya pengurangan risiko bencana. Kegiatan ini harapannya dapat meningkatkan ketangguhan bisnis dan perlindungan atas mata pencaharian dan aset produktif di seluruh rantai pasokan, investasi dalam PRB  juga bisa menjamin kelangsungan layanan dan mengintegrasikan anajemen risiko bencana sebagai bagian dari bisnis model dan praktek. 

 

Ke depannya perlu dibangun kemitraan antara lembaga usaha dengan pemerintah (BPBD ) Tasikmalaya untuk mensinergikan dan mengkolaborasikan program-program dalam upaya pengurangan risiko bencana.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasubdit Peran Lembaga Usaha BNPB sebagai Narasumber, BPBD Provinsi dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya. Pada kegiatan ini sekaligus diberikan penghargaan kepada Lembaga Usaha yang sudah terlibat/berpartsisipasi dalam penanganan Gempa Bumi di Tasikmalaya Desember lalu. (IIS.Dit PM). 

 

Related posts