PEMADAMAN KEBAKARAN LAHAN DAN HUTAN DI RIAU

Kamis Pagi (27/6) telah dilaksanakan konferensi Pers dan Morning Brief di Media Center Satgas Penanggulangan Bencana Asap di Provinsi Riau, Lanud Pekanbaru. Konferensi Pers dan Morning Brief dipimpin Komandan Pos Komando Tanggap Darurat Brigjen TNI Teguh Rahardjo, di dampingi Wakapolda Riau, A. Sofyan, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial Menko Kesra Willem Rampangilei, Kepala BMKG, Sri Woro B. Hardijanto, dan komandan Lanud Pekanbaru Kol Pnb. Andyawan.


Menurut Andyawan, pelaksanaan penerbangan survei dan seeding/ penyemaian dan water bombing/droping. Kamis (27/6) dilaksanakan di wilayah Riau pada pukul 10.30 – 12.30 menggunakan helicopter PK-TLH. Kemudian pkl. 13.00 – 15.00 menggunakan Hercules A-1323, dan dilanjutkan pada pkl 15.00 – 16.30 dengan menggunakan Helicopter PK-TLH. Realisasi penyemaian dan water bombing, Rabu (26/6), katanya dilakukan di wilayah Bengkalis dan Rokan dengan menggunakan Hercules 1323, kemudian di wilayah Palelawan, Kuantan Singingi dan perbatasan Kabupaten Kampar dengan menggunakan Helicopter PK-TLH. Selanjutnya di wilayah Bengkalis, Barat dan barat laut Dumai menggunakan Hercules 1323. 


Sementara itu Sri Woro menjelaskan, trajectory asap kebakaran lahan dan hutan di provinsi Riau 27 -28 Juni 2013 lokasi kebakaran terdapat di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis dan kecamatan Tempuling, Kabupaten Rokanhulu. Trajectory massa asap kebakaran hutan sebagian besar bergerak ke arah tenggara sampai dengan Barat. (RSP)

Related posts