Pemantapan Manajemen Gudang Logistik Penanggulangan Bencana di DIY

YOGYAKARTA - Direktorat Logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan BPBD Provinsi D.I. YOGYAKARTA menyelenggarakan acara Pemantapan Manajemen Gudang di Hotel Santika Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 18-20 November 2015 dan dihadiri 32 peserta perwakilan dari BNPB, BPBD Kab/Kota se-Provinsi D.I. Yogyakarta, dan sebagian Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Direktorat Logistik BNPB.

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia di tingkat Pusat dan tingkat Daerah, baik pengetahuan, ketrampilan dalam pengelolaan gudang logistik penanggulangan bencana yang transparan dan akuntabel. 

Acara dibuka oleh perwakilan Kalaksa BPBD Provinsi D.I. Yogyakarta, yaitu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Bapak Ir. Heri Lantjono, CES beliau menyampaikan terimakasih kepada panitia penyelenggara karena telah mengadakan pemantapan manajemen gudang logistik, serta saat ini DIY telah memiliki cluster logistik yang dibantu oleh BNPB dan WFP (World Food Programme). Sementara itu dalam sambutannya, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan, Ir. Bambang Sulistianto, MM menyampaikan bahwa distribusi penguatan kelembagaan tahun 2015, BNPB mendorong bantuan ke BPBD Provinsi yang kemudian diteruskan ke BPBD Kab/Kota. Dengan adanya bantuan tersebut sangat diharapkan dapat meningkatkan kapasitas di daerah baik pada level pra bencana maupun tanggap darurat. "Mari kita membangun komitmen bersama pada jalur 247 yang berarti komitmen kita adalah sebagai keluarga besar pengemban tugas-tugas kemanusiaan yang secara operasional siap bekerja 24 jam dalam satu minggu", tambahnya.

Pada pemantapan manajemen gudang logistik ini, materi yang disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat Inventarisasi dan Pengadaan Logistik BNPB, Dra. Prasinta Dewi, MAP adalah mengenai sistem manajemen logistik, distribusi logistik Penangguangan Bencana (PB), penghapusan logistik PB dan simulasi tata kelola gudang logistik. Peserta diberikan simulasi tata kelola gudang logistik dengan mengunjungi gudang BPBD Provinsi D.I. Yogyakarta serta pengenalan alat forklift dalam penggunaannya.

Related posts