PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU KOMUNIKASI DATA DAN INFORMASI BENCANA NTB

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pekerja kemanusiaan, BNPB melalui Pusat Data Informasi dan Humas melaksanakan bimbingan teknis dengan tema “Peningkatan Kapasitas Komunikasi Data dan Informasi Bencana Tahun 2013’ yang dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat mulai tanggal 21 – 23 Oktober 2013 di Hotel Grand Legi Mataram. Peserta bimtek ini diikuti oleh pengelola data dan informasi di lingkup BPBD Provinsi / Kabupaten dan Kota serta dinas terkait lainnya di NTB seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan SAR serta TNI setempat.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Data DR. Agus Wibowo, yang mewakili Kepala Pusat Data Informasi dan Humas pada acara pembukaan bimbingan teknis, menyampaikan penyelenggaraan ini merupakan yang ke 5 dalam tahun 2013 dan dipilihnya Kota Mataram salah satunya adalah karena kesuksesan penyelenggaran bulan Pengurangan Risiko Bencana yang telah dilaksanakan di awal bulan Oktober 2013. Disampaikan pula bahwa saat ini sangat penting kecepatan pelaporan data dan informasi dalam penanggulangan bencana, sehingga diharapkan  peserta berjumlah 50 orang dalam kegiatan ini dapat mengikuti materi secara cermat dan seksama.

Materi pada bimbingan teknis ini disampaikan oleh Tim Pusat Data Informasi dan Humas BNPB yang meliputi bagaimana cara pengumpulan data dan informasi bencana dari DIBI, praktek membuat info bencana, pemanfaatan GIS dan pantuan bencana dan praktek membuat peta bencana secara cepat. Materi pada sesi terakhir diisi dengan proses pembuatan berita singkat yang sangat di butuhkan unit Media Center Posko Tanggap Darurat dalam rangka mendukung rencana operasi darurat dan penyebarluasan informasi kebencanaan kepada masyarakat. 

Related posts