PRIORITAS PEMADAMAN HARI INI : BENGKALIS,DUMAI DAN PULAU MERANTI

Pekanbaru (6/3)_Penanggulangan bencana asap di Pekanbaru masih berlanjut,sesuai SK Gubernur Riau sampai dengan 12 Maret 2014 Tanggap Darurat Bencana Asap Riau. Satgas udara yang telah siap melakukan pemadaman sebanyak 8 unit, 1 Sikorsky untuk pemadaman di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, dan 7 Helikopter untuk survey serta water bombing. 

Hasil survey titik api dengan pesawat hawk ditemukan 23 titik-titik api baru di daerah dumai dan sei pakning-bengkalis. Kemarin (5/3), Tim Modifikasi Cuaca BPPT telah melakukan penyemaian awan dengan garam NaCl di daerah Siak dan Pelalawan 2 kali sortie, sebanyak 2 ton. Disaat yang sama, helikopter tidak dapat terbang untuk melakukan water bombing, dikarenakan kabut asap terlalu tebal akibat titik api di Pulau Meranti.


Menurut pantauan satelit NOAA18 jumlah hotspot di Riau adalah 5 titik yang tersebar,yakni di Bengkalis 1 titik, Rokan Hilir 3 titik dan Siak 1 titik. Prediksi BMKG, 3 hari mendatang potensi hujan masih sangat minim  dan potensi kebakaran masih tinggi.  


Sementara itu,satuan petugas (satgas) darat yang meliputi pemadaman, patroli dan sosialisasi. Dilaporkan telah berhasil memadamkan 10.115 ha (116 titik) dari 12.475 ha (138 titik), sampai saat ini titik api yang masih ada, di 23 titik (Indragiri Hulu 1, Dumai 1, Bengkalis 9, Meranti 6, Siak 3, Kampar 2 dan Pelalawan 1).

Related posts