PUSDALOPS TERIMA KUNJUNGAN ROMBONGAN PERWAKILAN 9 NEGARA

Rombongan 9 negara perwakilan dari National Tsunami Warning Center Disaster Management belajar mengenai pengelolaan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Rabu (25/9) di Lantai IV, Gedung BNPB, Jakarta. Kunjungan ini sebagai bagian dari pembelajaran mengenai mata rantai penyebaran informasi peringatan dini tsunami.   


Pada kunjungan tersebut, Kepala Bidang Data BNPB Agus Wibowo menerima dan memberikan paparan mengenai Pengelolaan Pusdalops Penanggulangan Bencana di hadapan para peserta. Di samping ke BNPB, rombongan dijadwalkan untuk mengunjungi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Metro TV.


Rangkaian kunjungan ini sebagai kegiatan workshop Standar Operating Procedure tentang Peringatan Dini Tsunami dan Tanggap Darurat. Perwakilan 9 negara tersebut berasal dari Bangladesh, Malaysia, Myanmar, Oman, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, Timor Leste dan tuan rumah Indonesia. Workshop terselenggara melalui dukungan BMKG dan UNESCO.


Akhir kunjungan, rombongan meninjau fasilitas-fasilitas yang berada di Pusdalops. Sementara itu, rombongan dipimpin oleh National Programme Office for Disaster Risk Reduction and Tsunami Information Unit UNESCO Ardito M. Kodijat. Perwakilan penting yang hadir pada kunjungan tersebut antara lain Laura Kong dari International Tsunami Information Center, Hawai, Amerika Serikat dan  Walter Welz dari Asian Broadcasting Union berbasis di Kuala Lumpur.


Related posts