Rangkaian Kegiatan Mapping Competition 2018 Season 1 dan Season 2 Telah Selesai

JAKARTA -  Rangkaian kegiatan Mapping Competition 2018  Season 1 dan Season 2 telah selesai dilaksanakan pada Senin (26/11), dan apresiasi bagi para pemenangnya telah diserahkan, sesuai dengan kategorinya masing-masing.

 

Sebagaimana diketahui bahwa Direktorat Kesiapsiagaan BNPB sejak awal tahun 2018 telah mengadakan kegiatan Mapping Competition 2018.  Mapping Competition 2018 ini dibagi dalam 3 (tiga) season, seaseon 1 dan season 2 telah selesai dilaksanakan.

 

Mapping Competition 2018 Season 1 dilakukan selama satu bulan dengan maksud dan tujuan untuk menghimpun minat relawan dari berbagai daerah dengan fokus daerah/lokasi RPJMN yang diigitasi adalah Pulau Kalimantan. Progres tasking data bangunan untuk Pulau Kalimantan, sebelumnya ; 9.22%, dan setelah Mapping Competition Season 1, menjadi : 51,39%

 

Setelah selesai Mapping Competition 2018 Season 1, berlanjut ke Mapping Competition 2018 Season 2 , dengan durasi waktu selama dua bulan. Untuk Mapping Competition Season 2 ini, diperuntukan bagi yang telah terbiasa melakukan digitasi sejak sesi pertama berlangsung ataupun masyarakat umum yang belum pernah pengikuti Mapping Competition Season 1. Adapun fokus wilayah RPJMN yang dipetakan untuk Season 2 ini berada pada Pulau Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Maluku. Progres tasking data bangunan untuk wilayah ; Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, sebelumnya ; 23.47% dan setelah Mapping Competition Season 2 , menjadi ; 59.42%

 

Saat ini Mapping Competition 2018 Season 3 sedang berlangsung sampai tanggal 30 November 2018. Adapun fokus wilayah kabupaten/kota RPJMN yang dipetakan adalah Pulau Sumatera dan Jawa.

 

Melalui kegiataan Mapping Competition 2018 ini sebagai salah satu strategi untuk mempercepat kegiatan pemetaan partisipatif pada 136 kabupaten/kota RPJMN. Sesuai amanah UU No 24 Tahun 2007 salah satu tujuan dalam penanggulangan bencana adalah membangun partisipasi dan kemitraan publik serta swasta.

 

Kegiatan pemetaan partisipatif yang dilakukan oleh BNPB ini sebagai salah satu upaya untuk menurunkan risiko bencana pada 136 Kabupaten/Kota yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Disamping itu BNPB juga menyiapkan data  136 kabupaten/kota prioritas dalam RPJMN tersebut yang memuat segala informasi dasar mengenai infrastruktur dan jalan (data exposure) untuk wilayah administrasi berpotensi bencana.

 

Dengan tersedianya data tersebut, maka mampu dimanfaatkan dalam situasi darurat bencana, seperti situasi dan kondisi terkini dalam bentuk geospatial, serta sumber daya apa saja yang dapat dikerahkan. Pada akhirnya pengambilan kebijakan sebagai upaya penanggulangan bencana dapat lebih cepat dan efektif.

 

Berikut daftar pemenang Mapping Competition 2018 Season 1 dan Season 2, sebagai berikut :

 

A.      Daftar Pemenang Mapping Competition Season 1 (satu);

1.       Arief Rossy Ramadhan

2.       Arief Darmawan

3.       Irfandi Fauzi

4.       Risky Ardianto

5.       Teguh Dwi Hartanto

6.       Puji Abraham Pranata Silalahi

7.       Yockie Taupan  Putra

8.       Rosma Heryani

9.       Dimas Novadias Damar Pratama

10.   Kurniawan Aji Wicaksono

 

B.      Daftar Pemenang Mapping Competition Season 2 (dua)

1.       Fikri Maulana

2.       Puji Abraham S

3.       Rhyno Senbyla S

4.       Rizki Ardianto

5.       Irfandi Fauzi

 

 

#YukKitaPetakan

#mappingpartyforhumanity

#mappingCompetition2018

#MappingParty2018

#SiapUntukSelamat

 

Direktorat Kesiapsiagaan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)