18

2018-07

Rapat Koordinasi Pengawasan Join Audit BNPB dan BPKP Tahun 2018

 

BANDUNG – Dalam rangka sosialisasi pedoman dan petunjuk teknis operasional join audit BNPB dan BPKP, Inspektorat Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan rapat koordinasi pengawasan BNPB dan BPKP tahun 2018 yang diikuti 95 peserta dari auditor BNPB dan BPKP, pada tanggal 27 – 30 Juni 2018,  bertempat di Hotel Royale, Bandung, Jawa Barat.

Acara ini dibuka oleh Bintang Susmanto selaku Inspektorat Utama BNPB, dalam sambutannya Bintang mengatakan bahwa,” Join audit diperlukan karena keterbatasan SDM dan lingkup kerja Inspektorat Utama BNPB sangat luas yang mencakup 34 provinsi dan lebih dari 400 kab/kota penerima dana bantuan bencana, sehingga dengan join audit ini dapat membantu dan mempercepat audit dana bencana serta sebagai sarana evaluasi dalam pelaksanaan joint audit.” Jelas Bintang.

Lebih lanjut, Bintang menambahkan bahwa, “Pelaksanaan rakor ini dapat meningkatkan pembinaan kepada para pengelola dana APBN di daerah, meningkatkan kualitas pengelolaan dana APBN Oleh SKPD, meningkatkan kuantitas penugasan audit, meningkatkan kualitas hasil audit, membangun sarana pembelajaran untuk auditor Inspektorat Utama BNPB.” Tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ernadhi Sudarmanto Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah BPKP memaparkan bahwa,” Kebijakan strategis dalam penanggulangan bencana harus memperhatikan penurunan tingkat kerentanan terhadap bencana, karena akan saling berkaitan, wilayah semakin rentan terhadap bencana otomatis ekonomi daerah tersebut akan terganggu.” Paparnya.

MoU BNPB dan BPKP tentang pelaksanaan join audit ini sudah berlangsung dari tahun 2013, dan pada tahun 2016 diperbaharui dengan MoU BNPB dengan BPKP tentang penguatan tata kelola kepemerintahan yang baik di lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dengan pokok kerjasama mengenai audit, reviu, monitoring, evaluasi, peningkatan kapabilitas APIP, dan peningkatan kompetensi slam kapabilitas sumber daya manusia pengawasan. (slam)

Related posts