Ribuan Rumah Terendam Banjir di Aceh Barat Daya

Jakarta - Hujan deras yang terus menerus dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sungai-sungai di Kabupaten Aceh Barat Daya meluap dan menggenangi ribuan rumah sejak Sabtu (1/11), sekitar pukul 19.00 WIB. Beberapa kecamatan di kabupaten itu tergenang banjir. Kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Mangging, Tangan-tangan, Lembah Sabil dan Babaros.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, 115 KK mengungsi sebagai dampak banjir. Data sementara BPBD menyebutkan bahwa kerugian materiil antara lain Kecamatan Mangging 3.000 unit rumah terendam, Tangan-tangan 1.000 unit, dan Lembah Sabil 2.000 unit, Kerugian materiil di Kecamatan Babaros masih dalam pendataan

Menurut pantauan BPBD, hujan deras memicu sungai Mangging, Tangan-tangan, dan sekitarnya meluap dan menyebabkan ketinggian muka air sekitar 50 – 100 cm. Tim gabungan BPBD, TNI, Polri, SAR, dan Damkar telah melakukan upaya penanganan darurat. Saat ini BPBD Aceh Barat Daya memusatkan kegiatan evakuasi di Kecamatan Babaros. Pendataan masih berlangsung.

Dalam upaya penanganan darurat, tim di lapangan menghadapi kendala kekurangan personil dan peralatan. Terbatasnya perahu karet menyebabkan evakuasi terhambat. Kondisi hujan juga masih turun dan gelap karena malam hari menyebabkan kendala petugas.

Info lanjut silakan hubungi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten  Aceh Barat Daya Empi Sabril di nomor HP 085361579916.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts